Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI HIMPUNAN DI SMP N 1 TANJUNG EMAS

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Afnida Yanti
dc.date.accessioned 2021-05-24T07:06:44Z
dc.date.available 2021-05-24T07:06:44Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-04-28
dc.identifier.isbn
dc.identifier.isbn 1630105001
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100089
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1i3L76VqvT00B22ofyEjbCZsqBmCTVwNn
dc.description.abstract Afnida Yanti, NIM: 1630105001, Judul Skripsi “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Himpunan di SMP N 1 Tanjung Emas”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siawa belum maksimal atau masih rendah, yaitu belum mencapai ketuntasan belajar,hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Faktor penyebabnya yaitu kurangnya sumber belajar dalam pembelajaran, dan ditambah lagi dengan kondisi pada saat sekarang ini yaitu adanya wabah covid-19 yang menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat secara langsung dan diganti dengan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) atau secara online. Dalam pembelajarang daring ini guru melakukan proses pembelajaran dengan cara mengirim vidio atau foto tentang materi yang sedang berlangsung melalui grup whatssap, dan setelah itu guru langsung memberikan soal-soal latihan kepada siswa tersebut. Dengan permasalahan tersebut peneliti disini mengembangkan sebuah modul untuk membantu proses pembelajaran, dengan adanya modul bisa membantu guru dalam proses pembelajaran. Adapun Tujuan penelitian ini secara umum adalah menghasilkan produk berupa modul himpunan berbasis Creative Problem Solving yang valid dan praktis serta dapat membantu siswa dalam memahami materi himpunan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan ini terdiri dua tahap yaitu: (1)analisis mukabelakang, tahap ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan melalui wawancara dengan guru, analisis dan silabus, sumber belajar, karakteristik siswa,dan mereview literatur tentang modul, (2) tahap prototipe, hasil dari analisis mukabelakang digunakan untuk merancang prototipe modul. Adapun teknik pengumpulan data adalah validasi dan angket respon siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis Creative Problem Solving valid dan praktis. Berdasarkan penilaian validator, modul pembelajaran matematika berbasis Creative Problem Solving dikategorikan valid, dengan rata-rata kevalidannya 76,14%. Berdasarkan penilaian siswa modul pembelajaran matematika berbasis Creative Problem Solving dikategorikan sangat praktis dengan memproleh rata-rata nila 80.9%. Modul pembelajaran matematika berbasis Creative Problem Solving yang peneliti kembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI HIMPUNAN DI SMP N 1 TANJUNG EMAS
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku