Abstract:
Ima Silviawati, NIM. 13 105 042 Judul Skripsi “Analisis Kemampuan Pada Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII MTsS Balimbing”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) Batusangkar 2021.
Penelitian ini didasari observasi peneliti di Kelas VII MTsS Balimbing, fakta yang peneliti temukan menunjukkan bahwa siswa belum mampu menyatakan ulang sebuah konsep yang telah dipelajari, belum mampu mengklarifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, belum mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, belum mampu menyajikan konsep dalam berbagai konsep representasi matematis, belum mampu mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui mengukur sejauh manakah pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan matematis siswa Kelas VII MTsS Balimbing.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan secara akurat dan sistematis mengenai fakta – fakta dan fenomena – fenomena yang akan diselidiki adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam proses pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsS Balimbing tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel untuk ketentuannya yaitu dilihat dari beberapa pertimbangan tertentu. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah siswa kelas VII.1, disini penulis hanya mengambil 6 peserta didik dari kelompok skor atas, skor sedang dan skor bawah, kemudian di wawancara mengenai jawaban soal siswa. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan wawancara, kemudian disimpulkan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang berkemampuan pemahaman konsep matematis kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang peneliti gunakan. Kemudian untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa skor sedang siswa tersebut mampu memenuhi beberapa indikator yang peneliti gunakan diantaranya mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek dan mengkomunikasikan proses algoritma, memberikan contoh dan non contoh serta mengkomunikasikan proses algoritma dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika. Pemahaman konsep matematis siswa skor rendah belum mampu memenuhi semua indikator yang peneliti gunakan, siswa yang berkemampuan rendah hanya mampu mengetahui apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal.