Abstract:
ASRI PERMATA RAHAYU, NIM. 15300500006, Judul Skripsi “ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DI SMP N 2 TANJUNG EMAS”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) Batusangkar 2021.
Penelitian ini didasari oleh munculnya COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) di kota Wuhan, China. Virus ini membuat beberapa beberapa negara menerapkan kebijakan lockdown dalam dunia pendidikan di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran yang menggunakan sistem daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring dianggap sebagai solusi dari kegiatan pembelajaran tetap bisa berjalan di tengah pandemi. Namun metode pembelajaran daring ini diduga akan memberikan kesulitan kepada peserta didik seperti pada motivasi belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, serta interaksi pendidik dan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika peserta didik secara Daring dari aspek motivasi belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, serta interaksi edukatif pendidik dan peserta didik di kelas VIII SMPN 2 Tanjung Emas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Tanjung Emas 52 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket kesulitan belajar peserta didik, dimana didalam angket ini aspek yang dilihat adalah motivasi belajar, sarana dan prasarana pendidikan, serta interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini digunakan untuk melihat persentase yang diperoleh pada masing masing item pernyataan yang kemudian ditafsirkan kedalam kriteria jawaban yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar matematika peserta didik secara Daring dari aspek motivasi belajar dengan persentase keseluruhan motivasi peserta didik sebesar 67% yaitu dengan kategori sebagian besar memiliki kesulitan belajar dari aspek motivasi belajar; (2) Kesulitan belajar matematika peserta didik secara Daring dari aspek sarana dan prasarana memilki persentase rata-rata keseluruhan 74% yaitu dengan kategori sebagian besar peserta didik mendapatkan kesulitan belajar dari aspek sarana dan prasarana; dan (3) Kesulitan belajar metematika peserta didik secara Daring dari aspek interaksi edukatif pendidik dan peserta didik memiliki persentase rata-rata keseluruhan 64% yaitu dengan kategori sebagian besar peserta didik mendapatkan kesulitan dari aspek interaksi edukatif pendidik dan peserta didik.