Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | AGUNG AZMAR | |
dc.date.accessioned | 2021-05-24T07:06:53Z | |
dc.date.available | 2021-05-24T07:06:53Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-04-27 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.isbn | 1730105001 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100084 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://drive.google.com/uc?export=view&id=1eUQfqoMWTLi-O9oJnbnIpRXvKRry-M2J | |
dc.description.abstract | AGUNG AZMAR, NIM: 1730105001 dengan judul “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 1 SUNGAI TARAB”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini bertolak dari satu persoalan media yang digunakan dalam pembelajaran matematika kurang memadai bagi peserta didik. Media yang digunakan sekolah yaitu: modul, LKS dan power point. Media pembelajaran yang digunakan tidak menunjang interaksi pembelajaran antara pendidik dan peserta didik sehingga tidak terciptanya umpan timbal balik yang berkenaan dengan materi. Hal ini membuat peserta didik tidak terfokus dengan pembelajaran yang berlangsung. Dengan demikian, diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik seperti media interaktif menggunakan macromedia flash. Media interaktif menggunakan macromedia flash dapat menyampaikan respon yang aktif yang dapat menetapkan kecekatan dan konsekuensi penyajian. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media interaktif menggunakan macromedia flash yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Rancangan dan prosedur pengembangan menggunakan model 4-D. Peneliti hanya mengembangkan sampai 3-D, karena memerlukan waktu yang cukup lama dan biaya serta penelitian dilakukan pada masa pandemi COVID-19, yaitu: “pendefenisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop)”. Tahap pendefenisian (define) peneliti lakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan pendidik bidang studi matematika, analisis karakteristik peserta didik, menganalisis media, analisis literatur dan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) peneliti lakukan untuk merancang media interaktif menggunakan macromedia flash dan merancang instrumen penelitian. Tahap pengembangan (develop) menghasilkan media interaktif yang telah direvisi berdasarkan masukan dari validator untuk melihat validitas dari Media Interaktif Menggunakan Macromedia Flash. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket respon peserta didik. Pada proses validasi, media interaktif divalidasi oleh dosen matematika IAIN Batusangkar diantaranya Kurnia Rahmi, M.Sc, Nola Nari, M.Pd, kemudian oleh pakar IT Khairunnisa, M.Kom dan pendidik Zeldefina, S.Pd. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media interaktif menggunakan macromedia flash yang dirancang telah valid dan praktis. Hasil validitas media interaktif menggunakan macromedia flash yang dihasilkan kategori valid (76%), hasil uji praktikalitas melalui angket respon peserta didik di kategori sangat praktis (85%). | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Matematika-Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 1 SUNGAI TARAB | |
dc.type | Skripsi |