Abstract:
Novi Indah Lestari. NIM 1630106035 (2021). Judul Skripsi: “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning dan Reading Question Answering (PBLRQA) pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP/MTs”, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku paket itupun hanya dipinjamkan saat pembelajaran di sekolah saja karena keterbatasan jumlah buku paket yang terdapat disekolah tersebut. Di lihat dari soal yang terdapat dalam buku paket, tidak mengandung contoh masalah dalam kehidupan sehari-hari yang akan di selesaikan oleh siswa, dan siswa juga tidak mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah sehari-hari yang ditemukan siswa. Hal ini mengakibatkan tidak ada dorongan siswa untuk membaca dan memahami materi yang terdapat dalam buku paket tersebut. Sedangkan kurikulum 2013 menuntun siswa untuk belajar secara mandiri, meningkatkan kemampuan berfikir kritis, aktif dalam pembelajaran dan menerapkan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center).
Berdasarkan latar belakang diatas penulis melakukan suatu penelitian untuk mencari penyelesaian masalah tersebut, yaitu dengan melakukan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning dan Reading Question Answering (PBLRQA) pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahap pengembangan menggunakan model 4-D memiliki empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini penulisan melakukan sampai tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKS Berbasis PBLRQA. Hasil validasi LKS diperoleh nilai rata-rata 84,56% yang dikategorikan sangat valid dari aspek syarat didaktik, syarat konstrik, syarat teknis, dan syarat model pembelajaran PBLRQA. Dan LKS berbasis PBLRQA sudah bisa digunakan untuk pembelajaran.