Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII DI SMP ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author FIRA ASRIANITA
dc.date.accessioned 2021-05-24T07:07:00Z
dc.date.available 2021-05-24T07:07:00Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-04-27
dc.identifier.isbn
dc.identifier.isbn NIM : 1630106011
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100082
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1P7DrxnVxk-rxzez3XePK3Uh_07PlyANX
dc.description.abstract Fira Asrianita, NIM 1630106011, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII DI SMP ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu guru biologi di sekolah tersebut terkendala pada media pembelajaran, media yang digunakan terbatas seperti powerpoint, video, dan charta. Dari segi peserta didik, diketahui bahwa peserta didik lebih antusias ketika guru menggunakan media pembelajaran seperti video, powerpoint, dan charta dibandingkan ketika guru hanya menggunakan buku sebagai media pembelajaran. Hal ini menyebabkan kurangnya minat baca peserta didik dan juga kemampuan berfikir kritis dan kreatif peserta didik yang menyebabkan peserta didik kurang memahami materi IPA khususnya materi Biologi. Oleh karena itu, dilakukan suatu penelitian untuk mencari penyelesaian masalah tersebut melalui pengembangan media pembelajaran pou up book terintegrasi ayat al-qur’an. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau research and development dengan model mengacu kepada model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu; define (tahap pendefinisian), design (tahap perencanaan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebaran). Pada tahap disseminate (tahap penyebaran) peneliti tidak lakukan karna keterbatasan biaya dan dan waktu. Pengembangan media pembelajaran pop up book terintegrasi ayat al-qur’an dirancang dengan beberapa tahap yaitu: (1) pemilihan media, (2) pemilihan format pop up book, (3) finishing. Pada tahap pemilihan format pop up book yang harus di rancang yaitu: jumlah halaman, materi yang akan di sajikan di dalam pop up book, gambar, warna, aplikasi yang akan di gunakan untuk merancang pop up book, dan lainnya. Hasil penelitian, pada tahap validasi dilakukan oleh 3 orang validator yang terdiri dari 1 orang dosen dan 2 orang guru yang mengajar di sekolah tersebut. Hasil validasi media pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 92.12% dikategorikan sangat valid dari aspek syarat didaktik, syarat konstruksi, syarat teknis, kebahasaan dan komponen pop up book terintegrasi ayat al-qur’an.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Media Pembelajaran
dc.subject.ddc 372.072
dc.subject.ddc 372.072
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII DI SMP ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku