Abstract:
FADINA MARISA FITRI, NIM 15301100039, dengan judul skripsi “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Arrum Haji di Unit Pegadaian Syariah Batusangkar”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah strategi pemasaran pembiayaan arrum haji di Unit Pegadaian Syariah Batusangkar, kendala yang dihadapi saat memasarkan produk arrum haji. Tujuan penelitian ini adalah dapat menjelaskan strategi pemasaran produk pembiayaan arrum haji pada Unit Pegadaian Syariah Batusangkar, dan dapat menjelaskan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan arrum haji pada Unit Pegadaian Syariah Batusangkar.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Field Research (penelitian lapangan) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sebagai sumber data adalah sumber data primer dan sumber data sekunder..
Dari penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Unit Pegadaian Syariah Batusangkar yaitu bauran pemasaran yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Strategi harga dan strategi tempat sudah baik, karena harga yang diberikan oleh pegadaian syariah sudah ditentukan oleh kantor pusat pegadaian sedangkan untuk strategi tempat terletak ditempat yang strategis dan dekat dengan pasar. Untuk strategi promosi juga sudah baik karena karena dilihat dari peningkatan jumlah nasabah dari tahun ke tahun dan dengan dilakukannya literasi-literasi ke berbagai instansi dan membagikan brosur ke pasar-pasar. Sedangkan untuk strategi produk belum maksimal karena masih ada masyarakat yang belum memahami mengenai produk arrum haji ini. Selain itu, Unit Pegadaian Syariah Batusangkar menerapkan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan pasar berdasarkan dengan pekerjaan, pendapatan perbulan, dan faktor usia. Sedangkan targetnya adalah masyarakat kelas menengah yang mulai hidup mapan. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pegadaian syariah dalam melakukan pemasaran arrum haji ini yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai produk arrum haji ini, jaminan emas yang belum dimiliki oleh calon nasabah, serta tidak adanya pegawai atau karyawan yang bisa menjelaskan mengenai produk arrum haji ini kepada masyarakat.