Abstract:
ABSTRAK
BIMA NAFION, NIM 15301100023. Judul Skripsi “STRATEGI PENGEMBANGAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) IKHWAN KOTA PAYAKUMBUH DALAM MENINGKATKAN LABA”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah institute Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2021.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah koperasi syariah bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anggota dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya, serta untuk mengembangkan ekonomi Indonesia sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya maka koperasi mengharapkan keuntungan berupa sisa hasil usaha yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Begitu juga pada Koperasi Pegawai Republik Indonesian (KPRI) Ikhwan Kota Payakumbuh yang selalu berusaha untuk mengembangkan koperasi agar dapat meningkatkan laba koperasi dengan menggunakan strategi-strategi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan yang dilakukan KPRI Ikhwan Kota Payakumbuh dalam mengembangkan usaha koperasi dan meningkatkan laba, serta untuk mengetahui faktor penghalang dan faktor pendukung yang dihadapi oleh KPRI Ikhwan Kota Payakumbuh dalam mengembangkan usaha koperasi dan meningkatkan laba.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berbentuk deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di KPRI Ikhwan Kota Payakumbuh pada tahun 2020. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan ketua, karyawan dan pengelola Koperasi Pegawai Republik Indonesia Ikhwan Kota Payakumbuh. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari dokumen dalam bentuk data Laporan Perhitungan Sisa Hasil Usaha Koperasi Pegawai Republik Indonesia Ikhwan Kota Payakumbuh.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa KPRI Ikhwan Kota Payakumbuh dalam meningkatkan laba menggunakan strategi keuangan seperti menaikan modal dengan menambah jumlah simpanan wajib dan simpanan pokok. Selain itu juga dilakukan strategi manajemen pemasaran seperti: (1) melakukan promosi ke sekolah-sekolah dibawah naungan Kemenag, (2) menyewakan aset berupa tanah kepada masyarakat, dan (3) melakukan kerjasama dengan home industry.