Abstract:
Arif Fathurahman, NIM 1630401024, Judul Skripsi: “Strategi Account Officer Dalam Mengelola Pembiayaan Warung Mikro Di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Payakumbuh”. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi Account Officer dalam mengelola pembiayaan warung mikro dan juga apa yang menjadi hambatan Account Officer dalam mengelola dan merealisasikan pembiayaan warung mikro di BSM Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Account Officer dalam mengelola pembiayaan warung mikro dan juga untuk mendeskripsikan hambatan Account Officer dalam mengelola dan merealisasikan pembiayaan warung mikro di BSM Payakumbuh
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Account Officer Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Payakumbuh, sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang berhubungan dengan masalah yang penulis teliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode triangulasi sumber data, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan untuk menyimpulkan semua informasi yang telah didapat.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Payakumbuh, bahwa Pertama, strategi yang dilakukan oleh Account Officer dalam mengelola pembiayaan warung mikro adalah dengan melakukan dua tahapan yaitu strategi secara umum dengan melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan calon nasabah, memahami isi produk dengan menunjukkan kelebihan dari produk pembiayaan mikro, dan membandingkan produk dengan produk pembiayaan lainnya. Sedangkan strategi secara khusus dilakukan dengan mendatangi kembali calon nasabah secara berulang-ulang agar nasabah tertarik dengan produk pembiayaan mikro tersebut, meyakinkan kembali nasabah mengenai produk pembiayaan mikro beserta fitur dan keunggulannya, kemudian juga menjelaskan secara rinci kepada calon nasabah mengenai mekanisme dan sistem pembayaran angsuran nantinya, dan juga promosi kepada banyak orang dengan menyebarkan brosur produk pembiayaan mikro melalui media sosial. Kedua, hambatan Account Officer dalam mengelola dan merealisasikan pembiayaan warung mikro di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Payakumbuh adalah hambatan yang terjadi yaitu dari sektor pesaing seperti adanya bank-bank lain dan juga hambatan dari sektor ekonomi yang menurun di tengah pandemi covid-19.