Abstract:
YOVANDO ALVARICI, NIM 16 301 04 080. Judul Skripsi “Anxiety Factors of the First Grade Students in English Speaking Classroom at SMP Al-Qur’an Al-Zamriyah Islamic Boarding School”, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kecemasan siswa yang mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran Speaking. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kecemasan siswa selama mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran Speaking.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan desain case study. Informan penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMP Qur’an Al Zamriyah Islamic Boarding School tahun akademik 2019/2020 yang telah mengikuti pembelajaran di kelas Speaking. Mereka berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan wawancara. Angket wawancara disebarkan langsung kepada siswa, dan data triangulasi dilakukan dengan melakukan wawancara dengan informan berdasarkan angket yang disebar. Selanjutnya, dalam menganalisis data peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman (1994) yaitu dengan cara mereduksi data menyajikan data, memverivikasi data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 8 faktor penyebab kecemasan yang dihadapi siswa selama pembelajaran Speaking berlangsung. Faktor kecemasan tersebut mencakup: 1) Kurangnya persiapan siswa; 2) siswa takut melakukan kesalahan; 3) siswa memiliki keraguan; 4) siswa takut untuk berbicara di depan kelas; 5) siswa mempunyai perasaan malu untuk tampil; 6) siswa tidak menguasai materi; 7) siswa takut dimarahi; 8) siswa merasa gerogi.