Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY BASED LEARNING (DBL) DILENGKAPI SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 TANAH DATAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author MIFTAHUL HAYATI
dc.date.accessioned 2021-07-13T07:23:24Z
dc.date.available 2021-07-13T07:23:24Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-06-24
dc.identifier.isbn
dc.identifier.isbn 1630107017
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100244
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/IpaxD11w5w28LbYX85OmSBDQpIuqKQx.pdf
dc.description.abstract Miftahul Hayati, NIM. 1630107017, Judul Skripsi “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Based Learning (DBL) Dilengkapi Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas X MAN 1 Tanah Datar”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah adalah ketersedian bahan ajar yang digunakan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas X MIA 1 MAN 1 Tanah Datar ditemukan bahwa kurangnya bahan ajar fisika di kelas X, kurangnya kreativitas peserta didik dalam belajar serta rendahnya kemampuan HOTS peserta didik dalam menganalisis soal. Selain itu peserta didik masih beranggapan bahwa pembelajaran fisika itu sulit, materi yang disajikan banyak mengandung rumus – rumus tertentu serta penyajikan soal yang sulit bagi peserta didik untuk dipecahkan. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan sebuah bahan ajar berupa LKPD berbasis pembelajaran DBL dilengkapi soal HOTS dalam pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi, momentum dan impuls serta getaran harmonis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis pembelajaran DBL dilengkapi soal HOTS yang valid dan praktis sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi fisika, khususnya materi usaha dan energi, momentum dan impuls serta getaran harmonis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau development and research dengan model penelitian 4-D, yang meliputi empat tahap yaitu: tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Tetapi pada penelitian ini tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. LKPD berbasis pembelajaran DBL dilengkapi soal HOTS dalam pembelajaran fisika dirancang memuat enam tahapan pembelajaran, yaitu: Stimulation, Problem Statement, Data Collection, Data Processing, Verification dan Generalization. LKPD berbasis pembelajaran DBL dilengkapi soal HOTS memuat materi eksperimen yang merangsang peserta didik untuk menemukan konsep, serta soal yang disajikan berada pada tingkatan LOTS, MOTS, dan HOTS. Berdasarkan olahan data penelitian LKPD berbasis pembelajaran DBL dilengkapi soal HOTS dalam pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi, momentum dan impuls serta getaran harmonis sudah memenuhi kriteria valid dengan perolehan persentase 78,33%. Pada tahap praktikalitas hasil angket respon guru dan peserta didik memperoleh persentase 86,54% dan 91,18% dengan kategori sangat praktis. Kata kunci: Pengembangan LKPD, DBL, HOTS, Usaha dan Energi, Momentum dan Impuls serta Getaran Harmonis
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Fisika- Pendidikan
dc.title PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY BASED LEARNING (DBL) DILENGKAPI SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 TANAH DATAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku