Abstract:
DESI AFRIWANTI. NIM, 1630103011, Judul Skripsi: Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar,2021
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran jasa pendidikan dalam mempromosikan sekolah di SMP-IT Insan Cendekia Boarding SchoolPayakumbuh. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanastrategi pemasaran jasa pendidikan dalam mempromosikan sekolah di SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam mempromosikan sekolah di SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif dan mengambil lokasi di di SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah berupa hand phone, buku catatan, pena dan pensil. Sedangkan buku catatan, pena dan pensil digunakan untuk mencatat informasi yang didapatkan dari informan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Humas, dan Kaur TU , salah satu orang tua wali murid dan juga salah satu murid SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi Sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penyajian data. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelian ini adalah trianggulasi dan menggunakan bahan referensi.
Dari hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan, menunjukan bahwa strategi yang di gunakan oleh SMP-IT Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh dalam mempromosikan sekolah yaitu sekolah berupaya memperkuat tim IT yang ada disekolah dan juga tim humas.dan mengunakan strategi bauran pemasaran(produk/produk,Price/harga,place/tempat,promotion/promosi,people/orang,proof/bukti fisik dan process/proses).Produk yang di pasarkan adalah program tahfiz,program berbahasa,Birrul Walidin dan ektrakurikuler Akademik, sedangkan harga di berikan kepada anak-anak yang berprestasi di sekolah dengan memberikan potongan harga mulai dari 50%, 70% bahkan 100% ,namun ada juga beasiswa yang dikhususkan bagi anak-anak yatim dan anak-anak yang kurang mampu Lokasi yang di utamakan adalah kenyamanan dan keamananan bagi para murid, sedangkan dari segi promosi melalui instagram, youtube, twitter, facebook, website, surat kabar.Fasilitas yang di sediakan sudah cukup lengkap.