Abstract:
Nina Aprilia Anggela, NIM. 1630101108. Judul Skripsi “Persepsi Siswa tentang Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Adapun tujuan pembahasan ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa tentang penggunaan pendekatan saintifik langkah 5M yang selama ini dilaksanakan oleh guru di dalam pembelajaran PAIBP khususnya kelas XI di SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif yaitu mengetahui dan menggambarkan bagaimana persepsi siswa tentang penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya kelas XI. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah melalui wawancara dan studi dokumentasi, yang mana mewawancarai lima siswa kelas XI, dan Guru PAIBP, Wakil Kurikulum beserta Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar sebagai sumber data tambahan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa melakukan kegiatan saintifik 5M diantaranya mengamati, menanya, mencoba/ mengeksplorasi/ mengumpulkan informasi, menalar/ mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Diantara kegiatan tersebut yaitu: 1) Mengamati, siswa disajikan video dan gambar oleh guru terkait materi pelajaran yang dibahas. Adapun persepsi siswanya, siswa gemar karena itu bukan tugas yang sulit. 2) Menanya, yang mana kegiatan ini dilakukan oleh guru dan siswa dalam bentuk tanya jawab. Adapun persepsi siswanya, siswa merasa bahwa kegiatan menanya juga bukanlah tugas yang sulit, karena dengan kegiatan ini siswa lebih banyak mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya tidak diketahui. 3) Mencoba/mengeksplorasi, siswa akan mengumpulkan data yang diperlukan dari pertanyaan yang diajukan, mencari jawaban dibuku pegangan atau mencari dari sumber lain. Pada kegiatan ini siswa dilatih untuk mandiri dan terpuaskan rasa keingintahuannya. 4) Menalar/mengasosiasi, siswa akan mengolah atau menganalisis data dan materi yang didapatkan dengan bantuan guru seperti mengkonkritkan konsepnya, pada kegiatan ini bapak guru membagi siswa dalam bentuk kelompok untuk membuat peta konsep secara individu dan power point untuk tugas tiap kelompok. Adapun persepsi siswanya, siswa merasa agak sulit dilakukan karena saling berbeda pendapat dalam diskusi, menurutnya tidak semua teman kelompoknya bisa diajak untuk kerjasama. 5) Mengkomunikasikan, siswa menyampaikan hasil temuan dan hasil diskusi mereka secara lisan melalui presentasi. Adapun pandangan siswanya adalah siswa masih merasa berat melakukannya karena keberanian dan percaya diri publik speakingnya kurang.