Abstract:
Else Rosida Subakti. NIM 1630101050 (2016). Judul Skripsi : “Pengembangan Modul Al-Qur’an Hadits Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Sikap Toleranku Mewujudkan Kedamaian di Kelas VII”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah berdasarkan hasil analisis buku paket mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang digunakan MTsN 9 Tanah Datar yaitu buku siswa yang diterbitkan oleh Departemen Agama, secara umum terlihat bahwa buku paket sudah sesuai dengan silabus yang dikembangkan di sekolah. Namun, bahasa penyampaian materi dalam buku paket tersebut sulit dipahami siswa. Sedikitnya gambar-gambar yang menunjang materi yang disajikan dalam buku paket tersebut. Terutama untuk materi Sikap Toleranku Mewujudkan Kedamaian yang menuntut siswa agar bisa mempraktikkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, juga masih minimnya penggunaan sumber belajar yang mampu dijadikan rujukan terkait mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dimana pada saat pembelajaran guru hanya menggunakan sumber belajar berupa buku paket guru dan buku siswa. Untuk sumber belajar berupa modul belum ada diterapkan pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul Al-Qur’an Hadits berbasis PQ4R pada materi sikap toleranku mewujudkan kedamaian di kelas VII.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian pengembangan (research and delevopment) untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah melalui lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pengolahan data dilakukan menggunakan 2 instrumen yaitu analisis validasi dan analisis praktikalitas.
Dari penelitian yang penulis lakukan, yaitu penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan yaitu pengembangan Modul Al-Qur’an Hadits berbasis PQ4R , dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Hasil persentase rata-rata validasi modul Al-Qur’an Hadits berbasis PQ4R adalah 94% dengan kategori sangat valid. Untuk hasil rata-rata validasi lembar angket respon guru adalah 95% dengan kategori sangat valid dan hasil rata-rata dari validasi angket respon siswa yaitu 92% dengan kategori sangat valid.
2. Hasil rata-rata persentase uji praktikalitas modul Al-Qur’an Hadits berbasis PQ4R yang telah dikembangkan menunjukkan hasil praktikalitas guru yaitu 84% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas siswa yaitu 95% dengan kategori sangat praktis. Hal ini berarti bahwa modul Al-Qur’an Hadits berbasis PQ4R dapat digunakan dalam proses pembelajaran.