Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | Elsa Ramyani | |
dc.date.accessioned | 2021-07-13T07:25:46Z | |
dc.date.available | 2021-07-13T07:25:46Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-06-16 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.isbn | 1630105014 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100216 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/1vdxezYff26Uv7VzH5m0rhk57ZiwFLfe.pdf | |
dc.description.abstract | ABSTRAK Elsa Ramyani, NIM: 1630105014, Judul Skripsi “PENGEMBANGAN E-MODUL TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH BATUSANGKAR”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020. Permasalahan pada penelitian ini adalah sumber belajar yang ada di sekolah hanya sumber belajar cetak dan tidak ada sumber penunjang. Sumber cetak yang digunakan terlalu monoton dan biasa sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi serta membuat siswa bosan dan jenuh dalam belajar. Sumber belajar yang ada masih dominan menggunakan buku paket dan jarang menggunakan sumber belajar penunjang lainnya, seperti LKS, Modul dan lain-lainnya. Pembelajaran yang di lakukanpun masih konvensional dan mengandalkan guru serta hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru. Ini akan menyebabkan menurunnya hasil belajar. Dan untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekolah dan agar siswa tidak jenuh serta menarik minat siswa dalam belajar maka peneliti mengembangan modul elektronik berbasis android. Berbasis android ini bisa membantu siswa dalam belajar mandiri dengan berbantuan video (dalam bentuk link). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul elektronik teorema Pythagoras berbasis android yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development. Pengembangan ini terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap pendefenisian (define), dalam tahapan ini dilakukan wawancara dengan guru, analisis silabus, analisis karakter peserta didik, dan analisis sumber belajar (2) tahap perancangan (design), tahapan ini adalah hasil dari tahap define digunakan untuk mendisain e-modul berbasis android dan hasil dari tahapan design dilanjutkan dengan (3) tahap pengembangan (develop). Instrument yang peneliti gunakan adalah lembar validasi dan praktikalitas. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan persentase uji validitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul teorema Pythagoras berbasis android yang dirancang telah valid dan praktis. Hasil uji validitas e-modul teorema Pythagoras berbasis android adalah 70,61% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas e-modul teorema Pythagoras berbasis android adalah 77.81% dengan kategori praktis. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Matematika Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.title | PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH BATUSANGKAR | |
dc.type | Skripsi |