Publikasi IAIN Batusangkar

VALIDITAS MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 PARIANGAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author FITRI YENI
dc.date.accessioned 2021-07-13T07:25:49Z
dc.date.available 2021-07-13T07:25:49Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-06-16
dc.identifier.isbn
dc.identifier.isbn 1630105018
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100215
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://pmb.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdKHBGN3rMp6tDzNBi7Cc8HFy7UTw4b2uaLY945emfyFNwmEyF8klgwbO%2B3OksPjj7DPfktJqviYAVnw49AenDj4Aj3XRSW%2FzXrXjk%2FF7F588JdwO8plXphLp%2BYMMJIdPDCu7aubDKbcxUulhIyS%2BO8nXYyfG4FXO9c%3D
dc.description.abstract FITRI YENI, NIM: 1630105018. Judul Skripsi “VALIDITAS MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 PARIANGAN”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2021. Penelitian ini bertolak dari permasalahan masih kurangnya bahan ajar yang digunakan siswa di sekolah. Metode pembelajaran yang digunakan juga masih bersifat teacher center walaupun sekolah tersebut sudah menggunakan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk memvalidasi modul berbasis Problem Based Learning yang valid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, yang divalidasi oleh 3 orang validator. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Rancangan penelitian ini terdiri dari 5 tahan yaitu, tahap analysis merupakan suatu proses yang akan mendefenisikan apa yang akan dipelajari oleh siswa. Tahap design bertujuan untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam pengembangan modul. Tahap development bertujuan untuk mengembangkan modul guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Setelah itu, hasil pengembangan yang telah dibuat diterapkan di sekolah yang disebut tahap implementation. Terakhir tahap evaluation bertujuan untuk melihat apakah modul yang dikembangkan sesuai dengan harapan awal atau tidak. Hasil validasi modul dinilai berdasarkan 4 aspek yaitu: aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. Berdasarkan hasil validasi di dapat rata-rata dari kelayakan isi adalah 75,8%, kelayakan penyajian 76,4%, kelayakan bahasa 75% dan kelayakan kegrafikan 71,2%. Dan rata-rata hasil validasi modul keseluruhan adalah 79% dengan kriteria valid.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Matematika-Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title VALIDITAS MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 PARIANGAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku