Abstract:
Arinal Haq, NIM: 1630105005, Judul Skripsi “Pengembangan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Batusangkar”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021.
Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 2 Batusangkar terdapat permasalahan pada pemahaman konsep matematis peserta didik. Pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Hal ini terlihat pada hasil tes pemahaman konsep matematis yang diperoleh peserta didik. Kurangnya media dan sumber belajar yang belum memfasilitasi peserta didik menyebabkan rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis RME.
Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan RME dengan prinsip: (1) memulai pembelajaran dengan penggunaan masalah kontekstual, (2) proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, (3) menggunakan kontribusi peserta didik, (4) menghubungkan dengan instrumen, (5) terintegrasi dengan topik lain.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket, dan wawancara. Analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori valid dengan skor validitas 74,30%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa LKPD telah praktis dengan skor praktikalitas 78,09%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa LKPD berbasis RME yang dihasilkan telah valid dan praktis.