Abstract:
Nindi Rahma Dewi, NIM: 1630105038, judul skripsi “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis (KAM) Siswa SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII.8 di SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Diketahui bahwa siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan persoalan matematika yang diberikan oleh guru. Hal tersebut bermula dari kemampuan awal matematis (KAM) siswa dalam menghadapi materi pelajaran matematika. Kemampuan awal matematis (KAM) siswa berpengaruh besar terhadap keberhasilan siswa dalam belajar matematika dan memecahkan permasalahan matematika yang sedang dihadapi oleh siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui secara komprehensif dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siswa yang mempunyai kemampuan awal matematis kelompok atas, tengah, dan bawah di kelas VII.8 SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII.8 SMP Islam Raudhatul Jannah, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VII.8 tersebut. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini diantaranya, tes kemampuan awal matematis (KAM) siswa, tes kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa, dan pedoman wawancara. Dalam menganalisis data hasil penelitian, peneliti melakukan skoring, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan sementara, verivication, serta penarikan kesimpulan akhir. Sedangkan untuk terjaminnya keabsahan data yang diperoleh, peneliti melakukan keabsahan secara triangulasi atau menemukan kesimpulan dari beberapa sudut pandang. Pada penelitian ini, peneliti melihat skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah ditinjau dari skor KAM atas, tengah, dan bawah yang diperoleh siswa, selanjutnya diperkuat dengan hasil wawancara bersama subjek penelitian terpilih.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa dengan KAM kelompok atas berjumlah 4 orang dari total 30 orang siswa memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematisnya adalah 76,56 dengan persentase 95,7 % yang terkategori tinggi. Kemudian, siswa dengan KAM kelompok tengah berjumlah 22 orang dari total 30 orang siswa memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematisnya adalah 77,84 dengan persentase 97,3 % yang terkategori tinggi. Selanjutnya, siswa dengan KAM kelompok bawah berjumlah 4 orang dari total 30 orang siswa memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematisnya adalah 55 persentase 68,75 % yang terkategori cukup.