Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | MARDIANA | |
dc.date.accessioned | 2021-07-13T07:26:08Z | |
dc.date.available | 2021-07-13T07:26:08Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-06-15 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.isbn | 1630105028 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100208 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | MARDIANA, NIM 1630105028, Judul Skripsi : “Analisis Alur Berpikir Translasi Siswa Dari Representasi Verbal Ke Grafik Di SMAN 1 Batusangkar”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya translasi matematis bagi siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika, namun masih banyak siswa yang belum paham dalam melakukan translasi matematis tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurang diperhatikannya proses dalam melakukan translasi tersebut. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah alur berpikir translasi siswa SMAN 1 Batusangkar dalam melakukan translasi matematis dari representasi verbal ke representasi grafik pada materi program linear.Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui jenis alur berpikir translasi yang dilakukan oleh siswa dalam melakukan translasi matematis darirepresentasi verbal ke representasi grafik. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalahkualitatif untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti.Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes dan wawancara.Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Dari penelitian yang peneliti lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa alur berpikir translasi matematis dari representasi verbal ke representasi grafik adalah alur berpikir yang dimiliki oleh siswa dalam melakukan proses perubahan dari bentuk representasi verbal ke bentuk representasi grafik dalam proses translasi. Alur berpikir translasi matematis dari representasi verbal ke representasi verbalyang dilakukan oleh siswa terdapat dua jenis alur berpikir yaitu 1) alurr berpikir translasi konstruksi lengkapdimana siswa menyelesaikan tugas translasi matematis sesuai rumus dan konsep yang dipelajari. 2) alur berpikir translasi konstruksi tidak lengkap dimana siswa mengkaitkan suatu konsep namun konsep tersebut kurang paham dalam penggunaan rumus dalam menyelesaikan tugas translasi matematis serta memahami maksudnya.Keduaalur berpikir translasi tersebut dapat diketahui pada proses translasi yakni pada tahap mengkontruksi representasi target dan menentukan kesetaraan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan tugas translasi matematis. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Matematika Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.title | ANALISIS ALUR BERPIKIR TRANSLASI SISWA DARIREPRESENTASI VERBAL KE GRAFIK DI SMA 1 BATUSANGKAR | |
dc.type | Skripsi |