Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | BUNGA JENANDA | |
dc.date.accessioned | 2021-07-13T07:26:12Z | |
dc.date.available | 2021-07-13T07:26:12Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-06-15 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.isbn | 1630105007 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100205 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/HkXDjGRZkwTtDEzyi9D979rlWt5dTP5.pdf | |
dc.description.abstract | Bunga Jenanda, NIM:1630105007, Judul skripsi “ Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Kelas IX.2 SMP N 1 Kec. Situjuah Limo Nagari, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Kependidikanan, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021. Permasalahan pada penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar peserta didik di karenakan sumber belajar yang berada di sekolah susah dipahami dan membuat peserta didik kurang tertarik dalam belajar. Sumber belajar yang digunakan peserta didik pada pembelajaran matematika hanya buku paket saja dan jarang menggunakann bahan ajar lainnya dan peserta didik lebih tertarik menghabiskan waktunya bermain handpone android mereka dari pada membuka buku pelajaran. Dan juga peserta didik lebih tertarik membaca melalui media handpone dari pada membaca buku cetak. Mayoritas peseta didik juga berpandangan bahwa matematika sukar, karena banyaknya rumus yang perlu dihafal serta matematika itu bersifat absarak sehingga peserta didik tidak tahu apa kegunaan rumus tersebut di kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis Pendekatan (PMRI). PMR atau istilah asingnya disebut dengan Realistic Mathematics Education (RME) atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Bahan ajar ini dapat membantu peserta didik dalam memahami materi dengan menggunakan pendekatan PMRI memberikan edukasi yang tidak sukar dipahami, karena PMRI adalah suatu pendekatan pembelajaran yang memfokuskan agar peserta didik lebih aktif sehinga peserta didik berupaya menemukan sendiri konsepnya. Adapun tujuan penelitian ini secara umum adalah menghasilkan produk berupa E-LKPD berbasis pendekatan PMRI yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research dan development. Pengembangan ini terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap pendefenisian (define), dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan pendidikan, analisis silabus, anlalisis karakter peserta didik, dan analisis sumber belajar (2) tahap perencanaan (design), tahap ini adalah hasil dari tahap define digunakan untuk mendesain E-LKPD kemudian dilanjutkan dengan tahap (3) tahap pengembangan (develop). Instrument yang peneliti gunakan adalah lembar validasi dan praktikalitas. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan persentase uji validitas dan uji praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Pendekatan (PMRI) yang dirancang telah valid dan praktis. Hasil uji validitas E-LKPD berbasis Pendekatan Pendidikan Matematikan Realistik Indonesia (PMRI) adalah 75,3 % dengan kategori valid dan hasil uji praktikalitas E-LKPD berbasis Pendekatan Pendidikan Matematikan Realistik Indonesia (PMRI) adalah 86,61% dengan kategori sangat praktis. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Matematika Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.subject.ddc | 510.07 | |
dc.title | PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN KELAS IX.2 SMP N 1 KEC. SITUJUAH LIMO NAGARI | |
dc.type | Skripsi |