Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | DIAH PARAMITA | |
dc.date.accessioned | 2021-07-13T07:26:16Z | |
dc.date.available | 2021-07-13T07:26:16Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-06-15 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.isbn | 15300500011 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100204 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/e3F2AErZSapcLuVSGjLDvVzSWbPYhLZG.pdf | |
dc.description.abstract | DIAH PARAMITA, NIM :15300500011, Judul Skripsi “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) Batusangkar 2021. Penelitian ini didasari observasi peneliti di Kelas VIII SMPN 1 Batipuh, fakta yang peneliti temukan menunjukkan bahwa peserta didik masih banyak yang tidak memperhatikan materi yang sedang diberikan oleh guru di depan kelas. Salah satu langkah yang harus di lakukan oleh peserta didik untuk mengembangkan pengetahuannya melalui pemahaman konsep. Siswa laki-laki mampu dalam melakukan penyelesaian soal yang menalar namun mereka cendrung malas dalam memperhatikan guru dalam menerangkan pembelajaran di kelas dikarenakan mereka tidak paham dengan konsep yang diberikan jadi mereka menganggap matematika sulit, sedangkan perempuan lebih unggul dalam ketepatan, ketelitian, kecermatan, dan keseksamaan berpikir jadi karena perempuan memiliki sifat seperti itu maka siswa perempuan mampu menyelesaikan pembelajaran permasalahan matematika karena ketekunannya dalam memperhatikan guru menerangkan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan kelompok pada gender. Penelitian ini menggambarkan secara akurat dan sistematis mengenai fakta-fakta dan fenomena-fenomena yang diselidiki, yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam proses pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Batipuh. Tahun ajaran 2020/2021 terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan ketentuan tertentu yaitu dilihat dari beberapa pertimbangan tertentu. Kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik, penulis hanya memilih 6 peserta didik dari kelompok atas, sedang dan bawah untuk kemudian di wawancara mengenai jawaban soal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase ketercapaian kemampuan pemahaman konsep matamatis siswa sebagai berikut siswa perempuan kelompok tinggi termasuk ke dalam kemampuan sedang, dengan rentang pada kemampuan sedang siswa perempuan kelompok sedang termasuk ke dalam kemampuan rendah, dengan rentang pada kemampuan rendah siswa perempuan kelompok rendah termasuk ke dalam kemampuan tinggi, dengan rentang pada kemampuan tinggi siswa laki-laki kelompok tinggi termasuk ke dalam kemampuan sedang, dengan rentang pada kemampuan sedang siswa laki-laki kelompok sedang termasuk ke dalam kemampuan tinggi, dengan rentang pada kemampuan tinggi siswa laki-laki kelompok rendah termasuk ke dalam kemampuan rendah, dengan rentang pada kemampuan rendah . | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | matematika | |
dc.subject.ddc | 310 | |
dc.subject.ddc | 310 | |
dc.title | ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER | |
dc.type | Skripsi |