Abstract:
MEGA SAGITA, NIM. 1630105031 judul skripsi “HUBUNGAN PERSEPSI DAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII.1 DALAM PEMBELAJARAN DARING (PANDEMI COVID-19) DI MTs.STI TANJUNG BARULAK”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik memiliki persepsi negatif dalam pembelajaran matematika secara daring, terlihat pada peserta didik beranggapan bahwa matematika sangat sulit untuk dipelajari, terlihat pada peserta didik beranggapan bahwa matematika sangat sulit dan menakutkan, peserta didik juga kurang memahami materi yang diajarkan secara daring, peserta didik mengalami kesulitan dalam melihat dan menerima materi yang diberikan pendidik, dan juga permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar matematika peserta didik dalam pembelajaran daring, terlihat pada peserta didik tidak bersemangat dalam pembelajaran, tidak mencatat materi, acuh terhadap pembelajaran matematika. Persepsi negatif dan rendahnya minat belajar peserta didik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan persepsi dengan hasil belajar matematika peserta didik, 2) untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik, 3) untuk mengetahui hubungan persepsi dan minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 MTs.STI Tanjung Barulak tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi, angket minat belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika yang diperoleh dari pendidik mata pelajaran matematika MTs.STI Tanjung Barulak. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan korelasi ganda.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan terdapat 1) hubungan positif yang signifikan antara persepsi dengan hasil belajar matematika peserta didik sebesar 0,695 yaitu kategori kuat, 2) hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik sebesar 0,8177 yaitu kategori sangat kuat, 3) hubungan antara persepsi dan minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifikan sebesar 0,663 yaitu kategori kuat.