Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | IBS105 |
Nama Matakuliah | Kapita Selekta Fikih |
Semester | 2 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | YUSTILOVIANI, S.Ag., M. Ag, Wardatun Nabilah, M.H |
Peserta Perkuliahan | 2030111006 - AMANDA SUCI RAMADHANI, 2030111010 - ANGGUN INDAH LESTARI, 2030111019 - ARIF MUSTAQIM, 2030111025 - BOBRY PUTRA BATAPES, 2030111030 - DEA YULIANDA PUTRI, 2030111031 - DETIA RIZKI RAMADHANI, 2030111034 - DINA ALVINA, 2030111039 - EVI HARIANTI, 2030111042 - FARIS ZAKI ALQOLBI, 2030111043 - FAUZA, 2030111045 - FIONIZA RAHMATILLAH ZIKRA, 2030111046 - FITRI NASHITO, 2030111047 - FITRIA SISKA, 2030111048 - FRISKA MEGA PUTRI, 2030111050 - GEA AMANDA, 2030111052 - GHINA ZAHARA, 2030111053 - GUSTI DELVICHA, 2030111054 - HAFIFAH SEPTI ANIKA, 2030111055 - HAIRANI, 2030111056 - HAMAT, 2030111058 - HERLINDA SAPITRI, 2030111059 - HIDAYATUR RAHMI, 2030111060 - IKHWANUL HASAN, 2030111061 - ILMI KHAIRO, 2030111062 - KESSY ELFIRA, 2030111064 - KURNIA APRILIANTI, 2030111065 - LAILATUL FITRI, 2030111066 - LATHIFAH HUSNI, 2030111068 - LESTARI RAHMADANI, 2030111070 - LILI RAMIDAS, 2030111071 - LISA NONA PITRI, 2030111072 - LUVI ELDA PUTRI, 2030111073 - M. DANDI SUHUD, 2030111074 - MAISIL VELLA SAFITRI, 2030111075 - MARDINA HAFIZAH, 2030111076 - MAYSAH PUTRI, 2030111077 - MELIZA SILVI, 2030111078 - MELLA PUSPITA, 2030111079 - MELSA ORTAFIOLA, 2030111080 - MESRA WINDA, 2030111081 - MIFTAHUL JANAH, 2030111108 - PUJA HIDAYATI |
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu: a. Mengetehui definisi fikih berdasarkan kepada pendapat beberapa ulama b. Mengetahui kedudukan fikih dalam ajaran Islam c. Mampu membedakan antara fikih dengan ushul fikih serta qawaid fiqhiyah |
Mahasiswa mampu mengetahui pengantar materi fikih | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang pengertian fiqh, kedudukan dan membedakan antara fiqh, ushul fiqh dan qawaidul fiqh |
3 x 50 menit | Resume materi pengertian fiqh kedudukan dan membedakan antara fiqh, ushul fiqh dan qawaidul fiqh | (Syarifuddin, 2011), Ushul Fiqih 1. Hlm. 2-5, 40-42. (Darmawan, 2020), Kaidah-Kaidah Fiqhiyah. Hlm. 103 |
Catatan Ujian Diskusi :55 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan definisi thaharah dan landasan hukumnya dalam ajaran Islam b. Menjelaskan ketentuan dan tata cara mandi c. Menjelaskan ketentuan dan tata cara wudhuk d. Menjelaskan ketentuan dan tata cara tayammum |
Mahasiswa mampu memahami konsep thaharah | a. Diskusi Luring : Presentasi Makalah Diskusi Ceramah Jigsaw Learning |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang definisi dan landasan Thaharah, ketentuan dan tata cara mandi, wudhu dan tayammum |
3 x 50 menit | Membuat laporan pengamatan individu tentang praktek wudhu sesuai rukun dan syarat pada suatu kelompok (minimal 5 orang) | (Al-Juzairi, n.d.), Fikih Empat Mazhab Jilid 1, Terj. Hlm. 2-13, 73 – 190, 236-263. (Sabiq, 2008a). Fiqih Sunnah. Jilid 1. Terj. Hlm. 66-142. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid 1, Terj. Hlm. 202-205, 297-313, 424-433, 467-494. |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tugas Pengamatan Thaharah Tugas Kelompok Materi Thaharah Audio Video | |||||||
3 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan pengertian, rukun dan syarat shalat b. Menjelaskan sunnat-sunnat shalat c. Menjelaskan keringanan dalam melaksakan shalat d. Menjelaskan tata cara pelaksanaan shalat |
Mahasiswa mampu memahami ketentuan shalat | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Rukun dan Syarat Shalat, Sunat Shalat, Keringanan dalam Shalat dan tata cara pelaksanaan Shalat |
3 x 50 menit | Membuat laporan pengamatan individu tentang praktek sholat sesuai rukun dan syarat pada suatu kelompok (minimal 5 orang) | (Al-Juzairi, n.d.), Fikih Empat Mazhab Jilid 1, Terj. Hlm. 280 – 453. (Sabiq, 2008a). Fiqih Sunnah. Jilid 1. Terj. Hlm. 224 – 307. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid 1, Terj. Hlm. 539 – 573, 599 – 652. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid 2, Terj. Hlm. 21 – 62. |
Catatan Ujian Diskusi :102 Materi :1 Tugas Pengamatan Shalat Tugas Kelompok 2 Audio Video | |||||||
4 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan ketentuan tentang shalat jum`at b. Mejelaskan ketentuan tentang shalat idain c. Menjelakasan tata cara pelaksanaan shalat jum`at dan idain d. Menjelaskan Khutbah pengertian, rukun dan syarat |
Mahasiswa mampu memahami shalat jum`at dan idain | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Ketentuan dan Pelaksanaan Shalat Jumat, ‘Idain, serta Pengertian, Rukun dan Syarat Khutbah. |
3 x 50 menit | Resume materi Ketentuan dan Pelaksanaan Shalat Jumat, ‘Idain, serta Pengertian, Rukun dan Syarat Khutbah. | (Sabiq, 2008b), Fiqih Sunnah Jilid 2. Terj. Hlm. 1-54. (Ayuub, n.d.), Fikih Ibadah, 307-319, 368-486. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid 2, Terj. Hlm. 374 – 411. |
Catatan Ujian Diskusi :118 Materi Tugas Makalah Kelompok 3 Tugas Hukum Shalat Jumat Virua... Tugas Khutbah Jumat Berbahasa ... REVISI MAKALAH KEL 3 Audio Video | |||||||
5 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan pengertian dan syarat puasa b. Menjelaskan hal-hal yang dapat membatalkan puasa c. Menjelaskan keringanan dalam puasa d. Menjelaskan puasa sunat dan keutamaannya |
Mahasiswa mampu memahami ketentuan puasa | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Ketentuan dan Pelaksanaan Shalat Jumat, ‘Idain, serta Pengertian, Rukun dan Syarat Khutbah. |
3 x 50 menit | Resume materi definisi dan syarat puasa, hal-hal yang membatalkan, rukhshah puasa dan puasa sunat serta keutamaannya | (Sabiq, 2008b), Fiqih Sunnah Jilid II, Hlm. 212-236. (Ayuub, n.d.), Fikih Ibadah, Hlm. 603 – 668. (Al-Juzairi, n.d.), Fikih Empat Mazhab Jilid II, Terj. Hlm. 308 - 346. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid III, Terj. Hlm. 19-31. |
Catatan Ujian Diskusi :143 Materi :3 Tugas Makalah Kelompok IV Audio Video | |||||||
6 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan pengertian dan syarat zakat b. Menjelaskan hikmah zakat c. Menjelaskan mustahik zakat d. Menjelaskan tata cara pengelolaan zakat e. Menjelaskan pemberdayaan zakat |
Mahasiswa mampu memahami tentang zakat | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Pengertian, Syarat, Hikmah, Mustahiq, Tata cara kelola dan pemberdayaan zakat |
3 x 50 menit | Resume materi Pengertian, Syarat, Hikmah, Mustahiq, Tata cara kelola dan pemberdayaan zakat | Dompet Dhuafa, Buku Panduan Zakat Dompet Dhuafa, Fiqh Zakat Kontemporer (Uqaily, 2019), Praktis dan Mudah Menghitung Zakat (Sabiq, 2008b), Fiqih Sunnah Jilid II, Hlm. 56 – 176. (Ayuub, n.d.), Fikih Ibadah, Hlm. 501 – 553. (Al-Juzairi, n.d.), Fikih Empat Mazhab Jilid II, Terj. Hlm. 422 – 485. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid III, Terj. Hlm. 164 - 318. |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tugas Makalah Kelompok 5 REVISI MAKALAH KEL 5 Audio Video | |||||||
7 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan pengertian haji dan umrah b. Menjelaskan syarat, rukun dan wajib haji c. Menjelaskan hal-hal yang terlarang dalam ihram d. Menjelaskan pengertian rukun dan wajib umrah e. Menjelaskan perbedaan haji dan umrah |
Mahasiswa mampu memahami tentang haji dan Umrah | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Pengertian, Rukun dan Wajib Haji dan Umrah, Larangan dalam Ihram serta Perbedaan Haji dan Umrah. |
3 x 50 menit | Resume materi Pengertian, Syarat, Hikmah, Mustahiq, Tata cara kelola dan pemberdayaan zakat | (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid III, Terj. Hlm. 367 – 417. (Ismail, 2019), Panduan Haji dan Umrah (Al-Juzairi, n.d.), Fikih Empat Mazhab Jilid II, Terj. Hlm. 496 – 669. (Sabiq, 2008b), Fiqih Sunnah Jilid II, Hlm. 2 – 194. |
Catatan Ujian Diskusi :117 Materi :1 Tugas Makalah Kelompok 6 Audio Video | |||||||
8 | Mahasiswa mampu menjawab soal sesuai dengan materi yang telah diberikan dan dipahami | UTS | Menjawab Soal UTS | 3 x 50 menit | Ketepatan dalam menjawab soal sesuai dengan materi yang telah diberikan dan dipahami | ||
Catatan Ujian :1 Diskusi :30 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan pendahuluan perkawinan b. Menjelaskan pengertian dan dasar hukum perkawinan c. Menjelaskan rukun dan syarat perkawinan d. Menjelaskan tujuan perkawinan e. Menjelaskan tentang mahar |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar perkawinan | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Konsep dasar perkawinan, tujuan perkawinan dan mahar |
3 x 50 menit | Membuat laporan pengamatan individu tentang praktek perkawinan atau masalah yang terkait dengan perkawinan di sebuah keluarga (laporan memakai inisial) | (Tihami, 2009), Fikih Munakahat, Hlm. 1 – 55 (Mardani, 2016), Hukum Keluarga Islam di Indonesia. Hlm. 23 – 51. (Sabiq, 2008b), Fiqih Sunnah Jilid II, Hlm. 3 – 196 – 211. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid IX, Terj. Hlm. 38 - 93. |
Catatan Ujian Diskusi :97 Materi :2 Tugas Makalah Kelompok 7 Tugas pertemuan ke 9 Audio Video | |||||||
10 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan perkawinan yang diharamkan b. Menjelaskan wanita yang haram dinikahi c. Menjelaskan hak dan kewajiban suami isteri d. Menjelaskan harta kekayaan dalam perkawinan |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tata cara perkawinan | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Perkawinan yang diharamkan, Wanita yang haram dinikahi, Hak dan Kewajiban suami istri dan harta kekayaan dalam perkawinan. |
3 x 50 menit | Membuat laporan pengamatan individu tentang praktek perkawinan atau masalah yang terkait dengan perkawinan di sebuah keluarga (laporan memakai inisial) | (Mardani, 2016), Hukum Keluarga Islam di Indonesia. Hlm. 62 – 79. (Tihami, 2009), Fikih Munakahat, Hlm. 153 – 162, 177 – 183. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid IX, Terj. Hlm. 108 – 118, 230 – 285. (Sabiq, 2008b), Fiqih Sunnah Jilid III, Hlm. 407 – 446. |
Catatan Ujian Diskusi :93 Materi Tugas Makalah Kelompok 8 Audio Video | |||||||
11 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan bentuk-bentuk putusnya perkawinan b. Menjelaskan akibat putusnya perkawinan c. Menjelaskan masalah iddah dan ruju d. Memahami poligami dan landasan hukumnya dalam Islam, syarat, prosedur dan sanksi pidana |
Mahaiswa mampu memahami tentang putusnya perwakinan | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Bentuk putusnya perkawinan, akibat putusnya perkawinan, Iddah dan Rujuk serta landasan Poligami |
3 x 50 menit | Membuat laporan pengamatan individu tentang praktek perkawinan atau masalah yang terkait dengan perkawinan di sebuah keluarga (laporan memakai inisial) | (Mardani, 2016), Hukum Keluarga Islam di Indonesia. Hlm. 145 – 167. (Tihami, 2009), Fikih Munakahat, Hlm. 229 – 305. (Nuruddin, 2006), Hukum Perdata Islam di Indonesia, Hlm. 206 – 238. (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid IX, Terj. Hlm. 311-324. (Mubarok, 2015), Pembaruan Hukum Perkawinan di Indonesia, Hlm. 151 – 161. |
Catatan Ujian Diskusi :86 Materi Tugas Makalah Kelompok 9 Audio Video | |||||||
12 | Mahasiswa mampu: a. Memahami tentang aqiqah dan kurban serta landasan hukumnya dalam Islam b. Memahami ketentuan dan tata cara aqiqah c. Memahami ketentuan dan tata cara kurban |
Mahasiswa mampu memahami tentang aqiqah dan kurban | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Landasan, Tata cara dan Ketentuan Tata Cara Aqiqah dan Kurban |
3 x 50 menit | Membuat laporan pengamatan individu tentang praktek aqiqah atau kurban berkenaan dengan tata cara kesesuain dengan ketentuan Islam | (Az-Zuhaili, n.d.), Fiqih Islam wa Adillatuhu, Jilid IV, Terj. Hlm. 254 – 283. (Al-Juzairi, n.d.), Fikih Empat Mazhab Jilid II, Terj. Hlm. 680 – 703 |
Catatan Ujian Diskusi :99 Materi Tugas Makalah Kelompok 10 Soal Kuis Pendalaman Materi Ku... Audio Video | |||||||
13 | Mahasiswa Mampu: a. Memahami pengertian Jual beli, syirkah dan mudharabah b. Memahami Rukun dan Syarat jual beli, syirkah dan mudharabah c. Memahami dasar hukum jual beli, syirkah dan mudharabah d. Memahami bentuk-bentuk jual beli, syirkah dan mudharabah |
Mahasiswa mampu memahami jual beli dan Kerjasama | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Pengertian, Rukun dan Syarat, Dasar Hukum, dan Bentuk-Bentuk Jual Beli, Syirkah dan Mudharabah |
3 x 50 menit | Membuat laporan pengamatan individu tentang praktek Jual Beli/ Syirkah / Kerjasama sama muamalah lain yang sesuai dengan materi (pilih salah satu tema) | (Suhendi, 2019), Fiqh Muamalah. (Siregar, 2019) Fikih Muamalah (Al-Khalafi, 2001), Alwajiiz Fi Fiqh Sunnah. Terj. Jilid 3. (Azzam, 2017), Fiqh Muamalat. (Sahroni, 2019), Fikih Muamalah Kontemporer. |
Catatan Ujian Diskusi :105 Materi Tugas Makalah Kelompok 11 Audio Video | |||||||
14 | Mahasiswa mampu: a. Memahami pengertian Riba dan Bank b. Memahami dasar hukum tentang riba dan Bank c. Memahami dan menganalisa hokum riba dan bank d. Memahami macam-macam Riba dan Bank e. Bank Konvensional dan Bank Syariah f. Mengetahui Lembaga Keuangan Non Bank |
Mahasiswa mampu memahami dan mengkritik tentang riba dan Bank | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Pengertian, Dasar Hukum, Analisa Hukum, Macam-Macam Riba dan Bank serta materi Bank Konvensional dan Syariah, Lembaga Keuangan Non Bank |
3 x 50 menit | Resume materi Pengertian, Dasar Hukum, Analisa Hukum, Macam-Macam Riba dan Bank serta materi Bank Konvensional dan Syariah, Lembaga Keuangan Non Bank | (Sahroni, 2019), Fikih Muamalah Kontemporer. Hlm. 155 – 218. (Siregar, 2019) Fikih Muamalah (Al-Khalafi, 2001). Hlm. 209 – 242. (Suhendi, 2019), Fiqh Muamalah. Hlm. 275 – 288. |
Catatan Ujian Diskusi :142 Materi Tugas Makalah Kelompok 12 Audio Video | |||||||
15 | Mahasiswa mampu: a. Menjelaskan pengertian, dasar hukum, rukun dan syarat kewarisan b. Kewajiban ahli waris terhadap pewaris c. Halangan menerima warisan d. Ahli waris dan pembagiannya a. Menjelaskan pembagian auld an rad e. Penyelesaian kewarisan secara takharruj |
Mahasisiwa mampu memahami hukum kewarisan | a. Diskusi Luring : Ceramah Jigsaw Learning b. Diskusi Daring : Kelas online dan diskusi melalui Group WA |
a. Diskusi Luring/Daring b. Mencari materi dengan menggunakan Kajian buku teks atau aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang Konsep dasar kewarisan, kewajiban dan halangan warisan, ahli waris dan bagiannya, Aul dan Rad serta penyelesaian kewarisan dengan takharruj. |
3 x 50 menit | Resume materi Konsep dasar kewarisan, kewajiban dan halangan warisan, ahli waris dan bagiannya, Aul dan Rad serta penyelesaian kewarisan dengan takharruj. | (Syarifuddin, 2008), Hukum Kewarisan Islam (Muhibbin, 2009), Hukum Kewarisan Islam (Nasution, 2012), Hukum Kewarisan (Kuncoro, 2015), Waris Permasalahan dan Solusinya. (Mesir, 2004), Hukum Waris |
Catatan Ujian Diskusi :120 Materi Tugas Makalah Kelompok 13 Audio Video | |||||||
16 | Mahasiswa mampu menjawab soal sesuai dengan materi yang telah diberikan dan dipahami | UAS | Menjawab Soal UTS | 3 x 50 menit | Ketepatan dalam menjawab soal sesuai dengan materi yang telah diberikan dan dipahami | ||
Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Lembar Jawaban UAS Kapita Sele... Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS105-Kapita Selekta Fikih (3 SKS), Semester: 2 20-PGMI-B, Dosen : YUSTILOVIANI, S.Ag., M. Ag, Wardatun Nabilah, M.H, Ruang: GH.3.1, Hari: Rabu, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar