Fakultas | Ushuluddin Adab dan Dakwah |
Jurusan | PSIKOLOGI ISLAM |
Kode Matakuliah | PSI101 |
Nama Matakuliah | Pengantar Psikologi |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | SRI PUTRI RAHAYU Z. S. PSI., M. A |
Peserta Perkuliahan | 2130306048 - MUHAMMAD RASYID RIDHO, 2130306049 - MUHAMMAD RIZKI HAEKAL RAHMAN, 2130306050 - MUTYARA IVANA PUTRI, 2130306051 - NABILA PUTRI, 2130306052 - NAFA DWI APRILIANI, 2130306053 - NANDA MIFTAHUL RAHMAH, 2130306054 - NESHA KIRANI DEANNOPEL, 2130306055 - NIA FADHILA, 2130306056 - NOFRITA AGUSTIA, 2130306057 - NOVIA ASPITA SARI, 2130306058 - NUR AZIZAH AZLAN, 2130306059 - NUR FADILA FITRI, 2130306060 - NUR HALISA RAHMI, 2130306061 - NURFIGITA PRATAMA, 2130306062 - NURHAKIKI, 2130306063 - NURUL AFIFAH AL FARHANAH, 2130306064 - NURUL AZIZAH, 2130306065 - NURUL IZZAH, 2130306066 - RAHMAT MULIA PUTRA, 2130306067 - RAHMI RAMADANI, 2130306068 - RANIA AMALLYA, 2130306069 - REDATUL JANAH, 2130306070 - REGITA DWI ANJORA, 2130306071 - REVINA HARLON, 2130306072 - RISA AMALIA PUTRI, 2130306073 - SABRINA SABILLA, 2130306074 - SALMA NADZIRAH, 2130306075 - SALSA HAMIDAH EFENDI, 2130306076 - SARA OVELA, 2130306077 - SELVI MULYANI, 2130306078 - SIFA FAUZIA, 2130306079 - SILVI SALSABILA, 2130306080 - SINTA SAHRIANI, 2130306081 - SINTIA NABILA PUTRI, 2130306082 - SRI MELIA SARI, 2130306083 - SUCI LISYANA RAMADHANI, 2130306084 - SUFI RAMADANI, 2130306085 - SURYADI, 2130306086 - TRIA YULVANI, 2130306087 - VIGIA OKTAVIA, 2130306088 - VINA PANDUWINATA, 2130306089 - VITA SUTRIA SARI, 2130306090 - WAHYU AGUS PRABOWO, 2130306091 - WARDHA AZIZA, 2130306092 - YOSI PEBRIANTI, 2130306093 - ZAHARA |
Mata kuliah in imengkaji konsep psikologi secara umum, sertamemahamipengetianpsikologikaitannyadenganilmu-ilmu lainya, memahamipengaruhpembawaandanlingkungan, memahamiperilakuindividu, danampumenyesuaikandiriterhadaplingkungan serta lebih rinci memahami hal-hal sebagai berikut: Pengertian, Tujuan dan Obyek Studi psikolgi, Sejarah Psikologi,Definisi psikologi menurut Para serta mampu memahami Manusia dalam pandangan Psikologi, Perkembangan Manusia, Fungsi-fungsi Psiki, Kekhusussan Individu, Intelegensi dan memahami Kepribadian tipelogi kepribadian , Interaksi Sosial dan mampu memahami Gangguan Mentaldan Teori –teoribelajar.
Mahasiswamampumemanfaatkanwawasanpsikologisecara umum dan mampu memahami dan mengaplikasikan pemahamanya untuk kepentingan diri sendiri dan kepentingan masyarakat serta mampu menjadi penolong dimasyarakat .
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Ketepatan dalam Menjelaskan orientasi perkuliahan dan kontrak belajar | - Orientasi perkuliahan - Kontrak belajar. - Pembagian tugas untuk studi mahasiswa |
Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan peran strategis dan pentingnya mata kuliah pengantar psikologi, tata cara dan metode pembelajaran serta sistem penilaian yang diterapkan dosen dan pihak fakultas/ pergurantinggi. |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Ketepatan dalam Menjelaskan konsep dasar pengantar | pengertian psikologi,objek dan ruang lingkup serta klasifikasi psikologi. | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar psikologi umum |
Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | Ketepatan dalam Menjelaskan Sejarah Psikologi dan aliran dalam psikologi. | Menceritakan sejarah psikologi mulai dari zaman yunani kuno sampai modern dan aliran-aliran dalam psikologi | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan Sejarah Psikologi dan aliran dalam psikologi. |
Catatan Ujian Diskusi :39 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video :1 | |||||||
4 | Ketepatan dalam Menjelaskan metode-metode penyelidikan dalam psikologi | Metode-metode penyelidikan dalam psikologi | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mamapu menjelaskan metode-metode penyelidikan dalam psikologi |
Catatan Ujian Diskusi :16 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
5 | Ketepatan dalam Menjelaskan Perkembangan Manusia | perkembangan manusia | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan Perkembangan Manusia |
Catatan Ujian Diskusi :27 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan interaksi sosial | - Komunikasi - Sikap - Tingkah laku kelompok - Norma sosial |
Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan interaksi sosial |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
7 | ujian Tulis | UTS | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | Ketepatan dalam Menjelaskan Fungsi-fungsi Psikis | - Persepsi - Berpikir - Motif - emosi |
Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa dapat menjelaskan Fungsi-fungsi Psikis |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Ketepatan dalam Menjelaskan Teori-teori belajar | - Teori belajar behavioristik - Teori belajar humanistic - Teori belajar konstruktivistik - Teori belajar humanistik |
Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan Teori-teori belajar |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
10 | Ketepatan dalam Menjelaskan teori motivasi | Mahasiswa mampu menjelaskan teori motivasi | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan teori motivasi |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
11 | Ketepatan dalam Menjelaskan Intelegensi | Mahasiswa dapat menjelaskan Intelegensi | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa dapat menjelaskan Intelegensi |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
12 | Ketepatan dalam Menjelaskan teori kepribadian | Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan teori kepribadian |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
13 | Ketepatan dalam Menjelaskan Gangguan Mental | Mahasiswa mampu memahami Gangguan Mental | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu memahami Gangguan Mental |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
14 | Ketepatan dalam Menjelaskan terapi psikologis | Mahasiswa mampu memahami tentang terapi psikologis | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu memahami tentang terapi psikologis |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
15 | Ketepatan dalam menganalisis film yang diberikan | Mahasiswa mampu menganalisis film dari teori yang sudah dipelajari sebelumnya | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menganalisis film dari teori yang sudah dipelajari sebelumnya |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
16 | 16 : UAS | Kelas online dan diskusi melalu e-campus, Zoom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PSI101-Pengantar Psikologi (3 SKS), Semester: 1 21-PSI-B, Dosen : SRI PUTRI RAHAYU Z. S. PSI., M. A, Ruang: FUAD 3.2, Hari: Rabu, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2021/2022, Jurusan: PSIKOLOGI ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar