Publikasi IAIN Batusangkar

Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam (2 SKS) 1 21-PMI IRWANDI. MA FUAD 1.4, Sabtu, 07.15 s.d 08.55

Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam (2 SKS) 1 21-PMI IRWANDI. MA FUAD 1.4, Sabtu, 07.15 s.d 08.55

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Jurusan PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
Kode Matakuliah PMI203
Nama Matakuliah Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan IRWANDI. MA
Peserta Perkuliahan 2130305001 - ANISA YULIYANDA PUTRI,
2130305002 - FIRDAUS,
2130305003 - HILDA SURYANIS,
2130305004 - LATIVA ARSIA,
2130305005 - MUHAMMAD IRSYAD,
2130305006 - MUTI NABILAH,
2130305007 - NIA RAMAIZA,
2130305008 - RAHMI NAVILA HUSNI,
2130305009 - RAKES SAPUTRA,
2130305010 - SELVI HANIFA,
2130305011 - VINA OKTARIN HUDAYA,
2130305012 - ZAHIROH FATINA KHORIYAH,
2130305013 - ZALNOFRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini berisi pengajaran mengenai konsep dasar PMI, Pengertian, ruang lingkup PMI, Pengembangan dan pemberdayaan Massyarakat : sebuah overview teoritis, LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, Konsep Dasar Bil-hal dalam konteks PMI, Konsep Dasar masyarakat madani (masa rasulullah ), karakteristik masyrakat muslim, tradisi dan budaya keislaman sebagai modal sosial keagamaan dalam PMI, kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (bidang pendidikan), kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (BAZ, BKMT, biro haji dan umrah), kelembagaan sosial keagamaan , Peran aktor/tokoh agama dalam PMI, Pendampingan sosial keagamaan bagi induvidu keluarga dan klp kecil, Kelompok sasaran PMI dan upaya pemberdayaan nya dalam perspektif surat Attaubah 60 tetang delapan asnaf sasaran, Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sebagai model pembangunan alternatif

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa mampu memahami Pengertian, ruang lingkup PMI
2. Mahasiswa bisa memahami peran kerja LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat
3. Mahasiswa bisa memahami Konsep Dasar Bil-hal dalam konteks PMI, Konsep Dasar masyarakat madani (masa rasulullah ) serta karakteristik masyrakat muslim
4. Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyiapi tradisi dan budaya keislaman sebagai modal sosial keagamaan dalam PMI, kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (bidang pendidikan)
5. Mahasiswa bisa ikut serta dalam kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (BAZ, BKMT, biro haji dan umrah), kelembagaan sosial keagamaan
6. Mahasiswa bisa memahami Pendampingan sosial keagamaan bagi induvidu keluarga dan klp kecil, Kelompok sasaran PMI dan upaya pemberdayaan nya dalam perspektif surat Attaubah 60 tetang delapan asnaf sasaran dan Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sebagai model pembangunan alternatif

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kontrak belajar Pembahasan tentang pengenalan mata kulai dan kontrak belajar 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, kontrak belajar 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan.kontrak belajar 1. Orientasi Perkuliahan
2. Kontrak belajar Membagi tugas untuk studi mahasiswa
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pengertian, ruang lingkup PMI
LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakathal dalam konteks PMI
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Konsep Dasar masyarakat madani (masa rasulullah )
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya karakteristik masyrakat muslim
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... 1. Metode: Contextual Instruction
2. Media: komputer dan infocus
3. Lembar observasi
4. Hasil kutipan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PMI203-Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam (2 SKS), Semester: 1 21-PMI, Dosen : IRWANDI. MA, Ruang: FUAD 1.4, Hari: Sabtu, 07.15 s.d 08.55, Tahun Akademik: 2021/2022, Jurusan: PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS