Fakultas | Ushuluddin Adab dan Dakwah |
Jurusan | PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM |
Kode Matakuliah | PMI203 |
Nama Matakuliah | Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | IRWANDI. MA |
Peserta Perkuliahan | 2130305001 - ANISA YULIYANDA PUTRI, 2130305002 - FIRDAUS, 2130305003 - HILDA SURYANIS, 2130305004 - LATIVA ARSIA, 2130305005 - MUHAMMAD IRSYAD, 2130305006 - MUTI NABILAH, 2130305007 - NIA RAMAIZA, 2130305008 - RAHMI NAVILA HUSNI, 2130305009 - RAKES SAPUTRA, 2130305010 - SELVI HANIFA, 2130305011 - VINA OKTARIN HUDAYA, 2130305012 - ZAHIROH FATINA KHORIYAH, 2130305013 - ZALNOFRI |
Mata kuliah ini berisi pengajaran mengenai konsep dasar PMI, Pengertian, ruang lingkup PMI, Pengembangan dan pemberdayaan Massyarakat : sebuah overview teoritis, LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, Konsep Dasar Bil-hal dalam konteks PMI, Konsep Dasar masyarakat madani (masa rasulullah ), karakteristik masyrakat muslim, tradisi dan budaya keislaman sebagai modal sosial keagamaan dalam PMI, kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (bidang pendidikan), kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (BAZ, BKMT, biro haji dan umrah), kelembagaan sosial keagamaan , Peran aktor/tokoh agama dalam PMI, Pendampingan sosial keagamaan bagi induvidu keluarga dan klp kecil, Kelompok sasaran PMI dan upaya pemberdayaan nya dalam perspektif surat Attaubah 60 tetang delapan asnaf sasaran, Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sebagai model pembangunan alternatif
1. Mahasiswa mampu memahami Pengertian, ruang lingkup PMI
2. Mahasiswa bisa memahami peran kerja LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat
3. Mahasiswa bisa memahami Konsep Dasar Bil-hal dalam konteks PMI, Konsep Dasar masyarakat madani (masa rasulullah ) serta karakteristik masyrakat muslim
4. Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyiapi tradisi dan budaya keislaman sebagai modal sosial keagamaan dalam PMI, kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (bidang pendidikan)
5. Mahasiswa bisa ikut serta dalam kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (BAZ, BKMT, biro haji dan umrah), kelembagaan sosial keagamaan
6. Mahasiswa bisa memahami Pendampingan sosial keagamaan bagi induvidu keluarga dan klp kecil, Kelompok sasaran PMI dan upaya pemberdayaan nya dalam perspektif surat Attaubah 60 tetang delapan asnaf sasaran dan Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sebagai model pembangunan alternatif
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kontrak belajar | Pembahasan tentang pengenalan mata kulai dan kontrak belajar | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, kontrak belajar | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.kontrak belajar | 1. Orientasi Perkuliahan 2. Kontrak belajar Membagi tugas untuk studi mahasiswa |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pengertian, ruang lingkup PMI LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakathal dalam konteks PMI |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Konsep Dasar masyarakat madani (masa rasulullah ) |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | karakteristik masyrakat muslim |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | 1. Metode: Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar observasi 4. Hasil kutipan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PMI203-Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam (2 SKS), Semester: 1 21-PMI, Dosen : IRWANDI. MA, Ruang: FUAD 1.4, Hari: Sabtu, 07.15 s.d 08.55, Tahun Akademik: 2021/2022, Jurusan: PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar