Fakultas | Ushuluddin Adab dan Dakwah |
Jurusan | PSIKOLOGI ISLAM |
Kode Matakuliah | UAD502 |
Nama Matakuliah | Kewirausahaan |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | IRWANDI. MA |
Peserta Perkuliahan | 2030306001 - ADINDA FEBIANA, 2030306002 - AFIFAH MUCHTAR, 2030306003 - ALDI FEBRIYANTO, 2030306005 - ANISA AFDILA, 2030306006 - ANISA NABILA PUTRI, 2030306009 - BUNGA AVIONA, 2030306010 - CENTIKA MASITA, 2030306011 - CERIA NOVELA, 2030306012 - DEVINA KOMALA SARI, 2030306013 - DINDA AFRILYA, 2030306014 - ENGLA SEPIRA, 2030306015 - FADHILA FEBRIYANI, 2030306017 - FARANISA, 2030306018 - FAUZAN AKBAR, 2030306019 - FAUZIAH NABILLA, 2030306020 - FEBBI ANGGRAINI, 2030306021 - GINI FREJULIA, 2030306022 - GIVA AFRIANTI, 2030306023 - HAFIZIL FIKRI, 2030306024 - HANIF ZULIS SETIAWAN, 2030306025 - HASAN MUHARDI, 2030306026 - HESTY NANDIKA YOSARMA, 2030306027 - INAYATUL HADI, 2030306028 - INDRIANI DINDA SAFITRI, 2030306029 - LIDRA PRANANDA CHANIAGO, 2030306030 - M.BAYU KUSUMA, 2030306031 - MAISARAH, 2030306033 - MELLYSA KISTIAND PUTRI, 2030306035 - MUDARIS AKBAR, 2030306037 - NAZIHUL AMIN |
Matakuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang perkembangan konsep-konsep kewirausahaan, peranan kreativitas, inovasi, dan berbagai kecerdasan dalam kewirausahaan, serta berbagai hal yang terkait dengan persiapan untuk menjadi wirausaha
1. menelaah sumber-sumber pertumbuhan wirausaha baru
2. memvalidasi karakter wirausaha dalam dirinya
3. mengkaitkan entrepreunerial sofiskill yang dimiliki dengan penumbuhan wirausaha
4. merancang proses mempersiapkan diri menjadi seorang wirausaha
5. merekonstruksi pengalaman para wirausaha sukses
6. mengkombinasikan berbagai sumberdaya untuk memulai dan mengembangkan usaha
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan mampu memahami proses perkuliahan | Pembahasan tentang Orientasi Perkuliahan | Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.oreintasi perkuliahan | 1. Orientasi Perkuliahan 2. Kontrak belajar 3. Membagi tugas untuk studi mahasiswa |
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikanKewir ausahaan dan Tantangan Bangsa | Pembahasan tentang Kewir ausahaan dan Tantangan Bangsa | 1.Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Kewir ausahaan dan Tantangan Bangsa | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Kewir ausahaan dan Tantangan Bangsa | 1. Permasalahan Bangsa 2. Peranan Wirausaha |
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Kewirausahaan: Konsep yang Berevolusi | Pembahasan tentang Kewirausahaan: Konsep yang Berevolusi | 1.Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test |
Menyimak, Mendiskusikan, Kewirausahaan: Konsep yang Berevolusi | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.1. Evolusi Konsep Kewirausahaan 2. Mitos tentang Kewirausahaan 3. Pendekatan Konsep Kewirausahaan |
1. Evolusi Konsep Kewirausahaan 2. Mitos tentang Kewirausahaan 3. Pendekatan Konsep Kewirausahaan |
Catatan Ujian Diskusi :12 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konsep Kewirausahaan | Pembahasan tentang Konsep Kewirausahaan | 1.Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test |
Menyimak, Mengamati, MendiskusikanKonsep Kewirausahaan | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.Kewirausahaan 2. Pendekatan dan Teori Kewirausahaan 3. Keunggulan dan Kelemahan Menjadi Entrepreneur 4. Karakteristik Wirausahawan |
Kewirausahaan 2. Pendekatan dan Teori Kewirausahaan 3. Keunggulan dan Kelemahan Menjadi Entrepreneur 4. Karakteristik Wirausahawan |
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .Etika, Fungsi Dan Prinsip Wirausaha | Pembahasan tentang Etika, Fungsi Dan Prinsip Wirausaha | 1.Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Etika, Fungsi Dan Prinsip Wirausaha | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.1. Pengertian Etika Usaha 2. Etika Wirausahawan 3. Tujuan dan Manfaat Etika Usaha 4. Fungsi Wirausaha 5. Priinsip Berwirausaha |
1. Pengertian Etika Usaha 2. Etika Wirausahawan 3. Tujuan dan Manfaat Etika Usaha 4. Fungsi Wirausaha 5. Priinsip Berwirausaha |
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Jenis dan Bidang Usaha | Pembahasan tentang .Jenis dan Bidang Usaha | 1.Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Jenis dan Bidang Usaha | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Jenis Usaha 2. Bidang Usaha |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Rencana Usaha | Pembahasan tentangRencana Usaha | .Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Rencana Usaha | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.1. Pengertian Rencana Usaha 2. Tujuan dan Manfaat Rencana Usaha 3. Tahapan Penyusunan Rencana Usaha 4. Outline Rencana Usaha 5. Kesalahan Rencana Usaha 6. Contoh Rencana Usaha |
1. Pengertian Rencana Usaha 2. Tujuan dan Manfaat Rencana Usaha 3. Tahapan Penyusunan Rencana Usaha 4. Outline Rencana Usaha 5. Kesalahan Rencana Usaha 6. Contoh Rencana Usaha |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menjawab pertanyaan materi 2-7 | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | - | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.menjelaskan dan menjawab pertanyaan materi 2-7 | materi 2-7 |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Analisis Kelayakan Usaha | Pembahasan tentang Analisis Kelayakan Usaha | .Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Analisis Kelayakan Usaha | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan1. Pengertian Analisis Kelayakan Usaha 2. Tujuan dan Manfaat Analisis Kelayakan Usaha 3. Pihak yang Berkepentingan Atas Analisis Kelayakan Usaha 4. Aspek-aspek dalam Analisis Kelayakan Usaha 5. Faktor-faktor Penyebab Tidak Melakukan Analisis 6. 6. Kelayakan Usaha |
1. Pengertian Analisis Kelayakan Usaha 2. Tujuan dan Manfaat Analisis Kelayakan Usaha 3. Pihak yang Berkepentingan Atas Analisis Kelayakan Usaha 4. Aspek-aspek dalam Analisis Kelayakan Usaha 5. Faktor-faktor Penyebab Tidak Melakukan Analisis 6. 6. Kelayakan Usaha |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mendirikan Usaha | Pembahasan tentang Mendirikan Usaha | Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Mendirikan Usaha | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan1. Faktor Pendorong Mendirikan Usaha 2. Peluang Mendirikan Usaha 3. Proses Mendirikan Usaha 4. Komponen-komponen yang Dipertimbangkan dalam Mendirikan Usaha 5. Pemilihan Badan Usaha 6. Strategi Mendirikan Usaha |
1. Faktor Pendorong Mendirikan Usaha 2. Peluang Mendirikan Usaha 3. Proses Mendirikan Usaha 4. Komponen-komponen yang Dipertimbangkan dalam Mendirikan Usaha 5. Pemilihan Badan Usaha 6. Strategi Mendirikan Usaha |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Resiko Usaha | Pembahasan tentang Resiko Usaha | Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Resiko Usaha | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan.1. Pengertian Resiko 2. Jenis-jenis Resiko 3. Analisis Resiko Usaha |
1. Pengertian Resiko 2. Jenis-jenis Resiko 3. Analisis Resiko Usaha |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ekspansi Dan Suksesi Usaha | Pembahasan tentang Ekspansi Dan Suksesi Usaha | Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan,Ekspansi Dan Suksesi Usaha | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan 1. Ekspansi Usaha 2. Suksesi Usaha |
1. Ekspansi Usaha 2. Suksesi Usaha |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Keberhasilan Dan Kegagalan Usaha | Pembahasan tentang Keberhasilan Dan Kegagalan Usaha | Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Keberhasilan Dan Kegagalan Usaha | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan1. Faktor Keberhasilan Usaha 2. Faktor Kegagalan Usaha 3. Upaya Menghindari Kegagalan Usaha |
1. Faktor Keberhasilan Usaha 2. Faktor Kegagalan Usaha 3. Upaya Menghindari Kegagalan Usaha |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perspektif Islam Terhadap Kewirausahaan |
Pembahasan tentang Perspektif Islam Terhadap Kewirausahaan |
Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Perspektif Islam Terhadap Kewirausahaan |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan1. Terminologi Kekayaan 2. Bekerja dan Berusaha 3. Ketentuan Dalam Berwirausaha 4. Karakteristik Wirausahawan 5. Etika Bisnis Islam |
1. Terminologi Kekayaan 2. Bekerja dan Berusaha 3. Ketentuan Dalam Berwirausaha 4. Karakteristik Wirausahawan 5. Etika Bisnis Islam |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Analisis Potensi Diri Dan Karakter Wirausahawan Potensial |
Pembahasan tentang Analisis Potensi Diri Dan Karakter Wirausahawan Potensial |
Contextual Instruction 2. Media: komputer dan infocus 3. Lembar soal pree test | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, Analisis Potensi Diri Dan Karakter Wirausahawan Potensial |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan1. Mengenal Potensi Diri 2. Karakter Wirausahawan Potensial |
1. Mengenal Potensi Diri 2. Karakter Wirausahawan Potensial |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan tetang materi 2-15 | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menjawab soal materi 2-15 | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., materi 2-15 | - |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: UAD502-Kewirausahaan (2 SKS), Semester: 3 20-PSI-A, Dosen : IRWANDI. MA, Ruang: FUAD 1.4, Hari: Sabtu, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2021/2022, Jurusan: PSIKOLOGI ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar