Abstract:
ABSTRAK Mikrot Siregar, NIM 1902031014, Judul Tesis “Implementasi Pembelajaran Ibadah Shalat Bagi Anak Tunagrahita di SDLBN Padang Lawas Utara Sumatera Utara”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Program PascasarjanaIAIN Batusangkar. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Implementasi Pembelajaran Ibadah Shalat Bagi Anak Tunagrahita di SDLBN Padang Lawas Utara Sumatera Utara. Bagaimana perencanaan pembelajaran ibadah shalat bagi anak tunagrahita di SDLB padang lawas utara sumatera utara. Kemudian Bagaimana evaluasi pembelajaran ibadah shalat bagi anak tunagrahita di SDLBN padang lawas utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran ibadah shalat bagi anak tunagrahita di SDLBN padang lawas utara, untuk mengetahui bagaimana perencanaan pelaksanaan ibadah shalat bagi anak tunagrahita di SDLBN padang lawas utara, dan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran ibadah shalat bagi anak tunagrahita di SDLBN padang lawasutara. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset lapangan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan tentang implementasi pembelajaran ibadah shalat bagi anak tunagrahita di SDLBN padang lawas utara sumatera utara. Dari penelitian yang dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa perencanaan pelaksanaan pembelajaran ibadah shalat bagi anak tunagrahita adalah menyediakan RPP, kemudian menyesuaikan materi dengan tingkat kemampuan siswa. Selanjutnya implementasi pembelajaran ibadah shalat bagi anak tunagrahita di SDLBN padang lawas utara yang pertama denganmengoptimalkan tugas-tugas sebagai guru. Selain itu guru PAI juga mengupayakan dalam melaksanakan pembelajaran ibadah shalat bagi anak tunagrahita dengan memperbanyak praktik daripada teori, sehingga anak-anak tunagrahita lebih cepat memahami isi dari materi yang dipelajari. Selain itu guru PAI juga menyediakan berbagai jenis media yang lebih menarik untuk di amati peserta didik. Kemudian guru PAI mengajak orang tua siswa kerjasama dalam membimbing peserta didik supaya lebih cepat bisa melaksanakan isi materi pembelajaran itu. Kemudian dalam mengevaluasi siswa guru melihat tingkat kemampuan peserta didik, dan evaluasi tidak hanya dilakukan di tengah semester atau akhir semester tapi juga dilaksanakan pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Selanjutnya guru hanya menggunakan kalimat tanya saja dan tidak disuruh untuk menjelaskan.