Abstract:
Sri Marchelita, NIM. 1730404088 dengan judul skripsi “Analisis Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion) Pada Percetakan Anugerah Jaya”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion) Pada Percetakan Anugerah Jaya. Tujuan pembahasan ini adalah untuk menganalisis Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion) Pada Percetakan Anugerah Jaya. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research), data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari data primer berupa wawancara dengan pemilik Percetakan Anugerah Jaya sendiri dan data sekunder berupa laporan-laporan terkait pemasaran yang sudah disiapkan oleh Percetakan Anugerah Jaya. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi marketing mix menggunakan konsep 4p (product, price, place, promotion) Pada Percetakan Anugerah Jaya sudah bagus. Strategi product yang dilakukan yaitu selalu memberikan mutu/kualias produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan konsumen sehingga memberikan hasil yang terbaik. Strategi price yang dilakukan yaitu dengan memberikan potongan harga kepada pelanggan apabila memesan produk dengan jumlah yang banyak maka akan mendapatkan potongan harga sekitar 5% sampai 10%. Strategi place yang dilakukan yaitu dengan memberikan fasilitas pemesanan lewat media sosial seperti whatsapp bagi konsumen yang merasa sulit untuk mengunjungi lokasi bisnis Percetakan Anugerah Jaya, dan apabila produk sudah selesai dicetak maka usaha Percetakan Anugerah Jaya yang akan langsung mengirimkan atau mengantarkan produk tersebut kepada konsumen. Strategi promotion yang dilakukan yaitu dengan menggunakan periklanan (advertising) melalui media cetak dan media sosial. Iklan media cetak seperti promosi melalui pamflet, iklan luar ruangan seperti pemasangan spanduk atau baliho serta promosi melalui media sosial seperti instagram, whatsapp, dan facebook. Analisis mengenai strategi marketing mix menggunakan konsep 4p (product, price, place, promotion) Pada Percetakan Anugerah Jaya, dalam setiap produk yang dihasilkan Percetakan Anugerah Jaya menjamin kualitas/mutu produk yang terbaik untuk konsumen dengan cara selalu memeriksa hasil dari produk yang dicetak. Dari segi harga pemilik Percetakan Anugerah Jaya berani memberikan potongan harga 5% sampai 10% jika memesan produk dengan jumlah yang banyak. Dari segi tempat Percetakan Anugerah Jaya juga memberikan pelayanan berupa mengantarkan atau mengirimkan produk yang sudah jadi kepada konsumen. Dan dari segi promosi Percetakan Anugerah Jaya sudah banyak melakukan promosi baik dari media cetak, iklan luar ruangan dan melalui media sosial.