Abstract:
Wahyuni Nasution. Nim 1730402084. Judul skripsi “Pengaruh Harga Saham Terhadap Penjualan Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia (BEI). Jurusan Ekonomi Syariah Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat persaingan yang meningkat secara terus-menerus maka pihak perusahaan harus lebih meningkatkan manajemen kinerja perusahaan supaya tujuan perusahan bisa tercapai. Harga saham merupakan salah satu faktor penting dalam penentuan penjualan saham untuk menjaga dan meningkatkan posisi perusahaan. Disamping untuk meningkatkan penjualan saham dan keuntungan perusahaan, penetapan harga mempengaruhi kemampuan bersaing perusahaan dan kemampuan perusahaan dalam mempengaruhi investor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Harga Saham terhadap Penjualan Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dengan bantuan SPSS 28. Berdasarkan hasil penelitian (uji t) harga saham berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penjualan saham pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (1,030>0,71756) dengan nilai signifikan 0,319 lebih besar dari 0,05 (0,319>0,05). Harga saham berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penjualan saham karena harga saham dapat menurunkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh pendapatan dan laba perusahaan. Semakin tinggi harga saham maka akan memerlukan modal untuk investasi, sehingga penjualan saham akan menurun, dan semakin rendah harga saham maka penjualan saham akan meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji koefesien Determinasi diperoleh R Square sebesar 0,069. Hal ini menunjukkan bahwa variabel dependen penjualan saham sebesar 6,2% dipengaruhi variabel indenpenden harga saham sedangkan 93,8% dipengaruhi oleh variabel lain.