Abstract:
ABSTRAK Dola Soneta. NIM 1730404022 (2021). Judul Skripsi: ”Analisis Strategi Pemasaran Pada CV Marissa”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam Skripsi ini adalahCV Marissa dalam melakukan penjualan kebanyakan tidak mencapai target penjualan, dimana dapat dilihat dari data penjualanCV Marissa pada tahun 2019-2020. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV Marissa. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research), untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran pada CV Marissa melalui bauran pemasaran (marketing mix) 4P, yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Strategi yang dilakukan melalui produk yaitu menawarkan berbagai macam produk Unilever dan memberikan pelayanan yang baik serta adanya pengembalian terhadap produk yang rusak. Strategi yang dilakukan melalui hargayaitu memberikan pilihan terhadap pembayaran suatu produk, yaitu ada sistem pembayaran secara tunai dan sistem pembayaran secara kredit. Strategi yang dilakukan melalui tempat yaitu salesman melakukan pendistribusian produk ke toko-toko dibantu oleh driver menggunakan alat transportasi (mobil truk) dalam mengantarkan produk tersebut ke toko-toko. Strategi yang dilakukan melalui promosi yaitu promosi penjualan, publisistas dan personal selling.