Abstract:
Rissa Ticha Pratama, Nim : 1730404078, Judul Skripsi: “Strategi Marketing Mix Pada Usaha Tahu AA di Jorong Kepala Bukit Kecamatan Lareh Sago Halaban”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021. Permasalahan dalam skripsi ini Bagaimana strategi marketing mix yang diterapkan pada usaha tahu AA di Jorong Kepala Bukit Kecamatan Lareh Sago Halaban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing mix yang diterapkan oleh usaha tahu AA. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) pendekatan kualitatif dengan dengan metode deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah Bapak Syamsul Akhiar yaitu selaku pemilik usaha tahu AA. Sedangkan data sekunder penulis dapatkan berupa dokumentasi berupa foto atau gambar, surat, catatan harian, laporan. Adapun analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data kemudian penulis simpulkan/diverifikasi terhadap strategi bauran pemasaran yang diterapkan usaha tahu AA. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa strategi marketing mix yang diterapkan usaha tahu AA bahwa produk dapat memuaskan dengan kualitas yang khas dan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan konsumen, dari segi harganya yang relative terjangkau oleh konsumen, dari segi tempat (saluran distribusi) yang sulit dijangkau namun usaha tahu AA melakukan pendekatan langsung ke masyarakat atau memasarkan langsung ke pasar., dan promosi yang dilakukan word of mouth atau dari mulut ke mulut.