Abstract:
MUHAMMAD IQBAL, NIM 1730404054, Judul Skripsi “Analisis Strategi Pemasaran Khora Studio & Salon dalam Meningkatkan Pendapatan”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran Khora Studio & Salon dalam meningkatkan pendapatan, yang mana di Batusangkar terdapat beberapa usaha kecantikan dan salon lainnya seperti Khora Studio & Salon, Mas Salon, Aisy salon Spa, Madona Salon, Najma Beauty Care & Spa, Yon Spa Batusangkar. Jika dilihat dari pendatapatannya Khora Studio & Salon yang mampu meningkatkan pendapatan pada setiap tahunnya serta mampu mempertahankan konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran Khora Studio & Salon dalam meningkatkan pendapatan. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian field research, yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk memperoleh data yang relevan dengan penelitian yang dilakukan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara data reduction, data display, dan conclusion drawing verification. Hasil Penelitian menunjukkan bahwasanya Khora Studio & Salon sudah melakukan berbagai macam strategi pemasaran seperti : strategi produk, harga, tempat dan promosi. Namun dalam hal demikian Khora Studio & Salon mampu memaksimalkan berbagai macam strategi pemasaran tersebut dan juga sangat pandai dalam membaca peluang yang mengakibatkan pendapatan di Khora Studio & Salon menjadi meningkat. Adapun bentuk strategi pemasaran yang pertama yaitu strategi produk yang mana Khora Studio dan Salon menjual produk mulai dari kualitas standar sampai kualitas produk yang tinggi serta memiliki harga yang beragam sehingga semua kalangan dapat membeli produk yang di jual Khora Studio & Salon, yang kedua strategi harga yang mana Khora Studio & Salon menetapkan harga produk sesuai dengan harga eceran yang ditetapkan oleh perusahaan, Strategi ini dilakukan Khora Studio & Salon untuk menghadapi persaingan dengan usaha kecantikan dan salon lainnya serta dapat mempertahankan pelanggannya, yang ketiga strategi tempat yang mana Khora Studio & Salon terletak dipusat keramaian yang mengakibatkan Khora Studio & Salon mudah untuk dijumpai, yang keempat strategi promosi adapun bentuk strategi promosi yang paling menonjol yang dilakukan oleh Khora Studio & Salon adalah yang pertama sales promotion atau promosi penjualan yang menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, dikarenakan media sosial sangat membantu sekali pada perkembangan zaman saat ini. selanjutnya strategi promosi yang kedua adalah direct marketing atau penjualan langsung yang mana Khora Studio & Salon melakukan penjualan langsung kepada konsumen sehingga konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.