Abstract:
SONIA MARTA VIVERA, NIM 1730404087, Judul skripsi “Analisis Strategi Pemasaran pada Konveksi Pakaian Qolbina dalam Mempertahankan Usahanya pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan konveksi pakaian Qolbina dalam mempertahankan bisnis atau usahanya dimasa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran konveksi pakaian Qolbina dalam meningkatkan atau mempertahankan penjualan dimasa pandemi Covid-19 dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran usaha konveksi pakaian Qolbina dalam mempertahankan penjualan dimasa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara langsung. data yang penulis gunakan adalah data yang penulis dapatkan secara langsung dari pemilik konveksi, karyawan dan pelanggan yang berlangganan di konveksi pakaian Qolbina. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan ada beberapa pembahasan yaitu strategi, faktor pendukung dan penghambat. Strategi yang digunakan konveksi pakaian Qolbina yaitu Bauran pemasaran 4P (Product, Promotion, Price, dan Place). Strategi product berupa inovasi penambahan masker kain gratis pada produk, strategi promotion melalui media sosial whatsapp, facebook, isntagram dan melalui shopee, strategi price yaitu dengan penurunan harga, dan strategi place berupa fleksibilitas dalam pengiriman produk sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk. Meskipun terhambat oleh faktor keuangan dan bahan baku tetapi konveksi pakaian Qolbina masih bisa menemukan solusi dan alternatif yaitu dengan mengelola keuangan dan menggunakan bahan baku secara efisien. Pendukung konveksi pakaian Qolbina dalam menghadapi masa pandemi covid-19 adalah karena memaksimalkan eksistensi, inovasi serta layanan dan karena adanya konsumen yang loyal.