Abstract:
Roni A, NIM. 1730404081, Judul Skripsi: “Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Cafe RR Jus Muaro Sijunjung)”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun 2021. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Cafe RR Jus Muaro Sijunjung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis Implementasi Marketing Mix pada Cafe RR Jus Muaro Sijunjung dan mengetahui menganalisis Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Cafe RR Jus Muaro Sijunjung. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, sampel sumber data gunakan purposive samping. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Marketing Mix (bauran pemasaran) yaitu: Product (produk), yang ditawarkan Cafe RR Jus adalah makanan dan minuman, bahan bakunya berkualitas baik, dan halal. Price (harga), produk disesuaikan dengan harga pasar dan harga barang pokoknya. Promotion (promosi), dilakukan pada saat menu baru, dan media sosial yang digunakan oleh Cafe RR Jus yaitu facebook, whatsapp dan instagram. Place (tempat), dekat dengan lokasi perkantoran dan sekolah, dan fasilitas yang sediakan Cafe RR Jus ini yaitu mushollah, free wifi, tempat berfoto, tempat pakir, toilet. People (orang), memiliki etika dan sopan menghadapi konsumen, seorang karyawan dalam melakukan aktifitasnya sudah mematuhi aturan yang ada. Process (proses), alur pemesanannya langsung pesan ke karyawan, lama menunggu pesanan sekitar 5-20 menit, Menanggani komplain yang dilakukan oleh owner dengan cara menjelaskan ke konsumen dengan baik. Physical Evidence (bukti fisik), desain bagian dalam dan luar begitu menarik, dilengkapi dengan bunga-bunga dan atribut lainnya membuat Cafe RR Jus ini lebih nyaman, indah dan damai. Toiletnya tersedia toilet laki-laki dan perempuan. Sedangkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu: Kesatuan, melayani konsumen pada waktu sholat dilakukan bergantian, dan Cafe RR Jus sudah menyedikan nuansa Islami seperti murotal Al-Qur’an dan nyanyian. Keseimbangan/keadilan, takaran membuat makanan dan minuman di Cafe RR Jus ini sama banyak, adil, dan seimbang dengan takaran membuatnya. Kehendak bebas, memberikan kebebasan kepada pembeli menu yang dipesannya oleh konsumen, dan tidak ada unsur paksaan untuk konsumen, akan tetapi produk yang di pesan habis. Tanggungjawab, produknya masih layak dikonsumsi oleh konsumen, dan kualitas produk nya bersih, sehat, dan bervitamin. Kebenaran: kebajikan dan kejujuran, Kejujuran dalam melakukan transaksi dengan konsumen.