Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | DAMANDHA | |
dc.date.accessioned | 2021-11-02T07:47:20Z | |
dc.date.available | 2021-11-02T07:47:20Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2021-08-25 | |
dc.identifier.isbn | NIM:14131004 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22100499 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/21cTJ3XYHyCfjuDi4vkHaZIyymlKknF.pdf | |
dc.description.abstract | DAMANDHA. NIM, 14131004, judul skripsi: “Strategi Kepala SekolahDalam Meningkatkan Disiplin Guru Di Madrasah Aliyah Swasta Al Manaar Batuhampar”. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020. Peneliti fokus terhadap uapaya atau strategi kepala madrasah dalam menekan angka pelenggaran disiplin di MAS Al Manaar Batuhampar, dalam penelitian ini diperoleh beberapa data sebagai berikut: (1) banayak terjadi pelanggran disiplin kode etik madrasah di MAS Al Manaar. (2) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin. Penelitian ini merupakan peneitian dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif menekankan analisis proses dari berfikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dan senantiasa menggunakan logika ilmiah. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah berupa kamera recorder,buku catatan, pena, pensil dan daftar wawancara. kamera recorder digunakan sebagai alat perekam suara dari informan dalam pengumpulan data . Sedangkan buku catatan, pena dan pensil digunakan untuk mencatat informasi yang didapatkan dari informan serta daftar wawancara yang di gunakan oleh peneliti sebagai panduan dalam mengumpulkan data. Sumber data dalam penelitian ini disebut narasumber atau responden diantaranya adalah Kepala Madrasah, Wakil Kesiswaan, perwakilan dari salah seoarang Guru atau tenaga kependidikan. Kepala sekolah sebagai leadership yang mengemban tugas dan amanah untuk memimpin suatu madrasah dimana diselenggrakan proses pendidikan memegang peranan penting dalam mengatasi setiap masalah yang terjadi dalam lingkup madrasah, termasuk diantranya masalah disiplin guru. Penerapan strategi merupakan salah satu upaya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa bervariasi, hal ini dipengaruhi oleh tingkat pemahaman siswa, perkembangan teknologi, lingkungan bergaul serta faktor keluarga. Dalam mengatasi masalah tersebut, kepala madrasah MAS Al Manaar melakukan upaya penyusunan, penerapan dan sosilisasi berbagai bentuk peraturan yang disertai sanks atau hukuman bagi pelanggar, dan reward bagi siswa yang berprestasi. Selain itu kepala madrasah juga bekerja sama dengan yayasan dalam menekan angka pelanggaran di madrasah. Hal ini memeberi dampak yang sangat baik. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Manajemen Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 371.2 | |
dc.subject.ddc | 371.2 | |
dc.title | STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU MADRASAH ALIYAH SWASTA AL MANAAR BATUHAMPAR | |
dc.type | Skripsi |