Abstract:
EMILDA AMELIA, NIM 1730106015 (2021). Judul Skripsi: “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Bernuansa Ayat Al-Qur’an Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII di SMPN 2 Batusangkar”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ditemukan di lapangan bahwa kegiatan pembelajaran yang ada di kelas kurang bervariasi dan juga guru hanya mengarahkan peserta didik untuk mencatat kembali bacaan yang ada di lembar kerja atau buku teks yang digunakan, serta dalam pengerjaan soal-soal peserta didik hanya mengamati gambar pada lembar kerja kemudian menjawab soal-soal yang ada, sehingga peserta didik tidak termotivasi untuk memikirkan atau memfokuskan pikirannya untuk mencari jawabannya. Hal ini, menyebabkan kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik tidak meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Bernuansa ayat Al Qur’an pada materi sistem peredaran darah kelas VIII SMPN 2 Batusangkar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang diterapkan melalui kegiatan ini adalah penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Namun yang kembangkan hanya sampai pada tahap develop. Produk LKPD divalidasi oleh 2 orang dosen ahli dan 1 guru IPA dan uji coba praktikalitas oleh 32 orang peserta didik SMPN 2 Batusangkar dengan menggunakan instrumen validasi dan instrumen praktikalitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu LKPD berbasis Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Bernuansa ayat Al Qur’an memiliki karakteristik yang terdiri dari komponen meliputi: judul, identitas, petunjuk penggunaan, KI & KD, indikator pencapaian kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, ringkasan materi, langkah-langkah pembelajaran berbasis Double Loop Problem Solving (DLPS), informasi pendukung dan daftar pustaka. Validitas yang diperoleh LKPD ini diukur dari rata-rata kevalidan dengan hasil 83,33% dengan kategori sangat valid, dan rata-rata kepraktisan guru yang diperoleh adalah 78,33% dengan kategori praktis dan rata-rata kepraktisan peserta didik yang diperoleh adalah 82,27% dengan kategori sangat praktis, sehingga LKPD berbasis Double Loop Problem Solving (DLPS) Bernuansa ayat Al Qur’an sudah dapat digunakan.