Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) PADA PEMBELAJARAN IPA MTsS THAWALIB TANJUNG LIMAU

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NOVA ELVA MELIANI
dc.date.accessioned 2021-11-02T07:48:21Z
dc.date.available 2021-11-02T07:48:21Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-08-25
dc.identifier.isbn NIM:1730106032
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100524
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/bDhQJ8J0iO9J1dCUN5EnznmLvmIBk2.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK NOVA ELVA MELIANI, NIM 1730106032 (2021). Judul Skripsi: “Pengembangan LKPD Berbasis Model Creative Problem Solving Dan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Pada Pembelajaran IPA MTsS Thawalib Tanjung Limau”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik MTsS Thawalib Tanjung Limau dalam pemecahan masalah. Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran IPA masih terbatas.Untuk mengatasi, maka perlu adanya tambahan sumber belajar yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik agar peserta didik mampu memenuhi tuntutan abad 21. Adapun tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Creative Problem Solving (CPS) dan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada pembelajaran IPA MTsS Thawalib Tanjung Limau yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar wawancara dan angket respon pendidik dan peserta didik. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan untuk mengemukakan hasil penelitian yaitu analisis validitas dan analisis praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis berbasis model Creative Problem Solving (CPS) dengan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) yang dirancang telah valid dan praktis. Hasil validitas LKPD rata-rata adalah 82,73% dengan kategori sangat valid. Sementara hasil praktikalitas oleh guru dengan rata-rata 81,87% dengan kategori sangat praktis dan oleh peserta didik dengan rata-rata 85,49 dengan kategori sangat praktis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi-Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) PADA PEMBELAJARAN IPA MTsS THAWALIB TANJUNG LIMAU
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku