Abstract:
ABSTRACK WAHYU INDRIANI, NIM.1730108083, JUDUL“ PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA INKLUSI (Studi Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar)”, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islan Negeri Batusangkar 2021. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah penyesuaian diri mahasiswa inklusi jurusan Bimbingan dan Konseling dalam akademiknya dan dalam sosialnya. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penyesuaian diri mahasiswa inklusi dalam akademik dan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara mahasiswa inklusi dalam menyesuaikan diri dalam akademik dan sosialnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan tujuan mendapatkan pemahaman lebih lengkap dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek penelitian yaitu satu orang mahasiswa tunanetra jurusan Bimbingan dan Konseling di IAIN Batusangkar. Teknis analisis data dan interprestasi data ini adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data. Teknik penjamin keabsahan data ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Mahasiswa inklusi melakukan penyesuaikan diri dalam akademik yaitu dengan cara mengikuti aturan dan kontrak yang diberlakukan, dalam proses perkuliahan mahasiswa inklusi menggunakan aplikasi agar bisa mengikuti perkuliahan, aplikasi yang digunakannya yaitu aplikasi Screen Reader. 2) Mahasiswa inklusi dalam bersosialisi jarang berinteraksi dengan orang, baik di lingkungan tempat tinggalnya maupun dikampus, mahasiswa inklusi lebih sering sendiri. 3) Hambatan-hambatan pada mahasiswa inklusi yaitu penyesuaian diri yang rendah, hambatan juga di rasakan mahasiswa inklusi dalam proses akademik di perkuliahan karena pelayanan yang diberikan belum sesuai dengan kebutuhan mahasiswa inklusi, karena masih terdapat beberapa dosen yang menyamaratakan kondisi mahasiswa inklusi dengan mahasiswa lainnya.