Abstract:
Anandya Ayu Safirah, NIM 1630106001, Judul Skripsi : “ANALISIS MISKONSEPSI PADA BUKU BIOLOGI KURIKULUM 2013 SMA KELAS X SEMESTER 1 DI KABUPATEN TANAH DATAR”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu bagi sebagian besar guru buku teks merupakan sumber belajar yang sangat penting dalam proses pembelajaran bahkan merupakan sumber utama dalam proses pembelajaran, namun perubahan kurikulum dari KTSP ke kurikulum 2013 menyebabkan buku teks juga berubah. Mengingat pentingnya buku teks dalam pembelajaran, materi atau konsep yang disajikan di dalamnya harus benar. Namun, beragamnya buku teks yang bererdar di kalangan guru dan siswa menimbulkan variasi yang pada penyajian materi dan konsep. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahpahaman konsep atau miskonsepsi pada buku teks tersebut. Oleh karena itu, dilakukan suatu penelitian untuk mencari penyelesaian masalah tersebut melalui analisis miskonsepsi pada buku biologi kurikulum 2013 SMA kelas x semester 1. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menerapkan studi pustaka. Objek penelitian ini adalah konsep pada materi biologi kelas x semester 1 pada dua buku teks yang telah dipilih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka untuk mendapatkan konsep yang benar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisisi deskriptif kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis miskonsepsi pada buku teks biologi SMA kelas X kurikulum 2013 yang digunakan di SMA Kabupaten Tanah Datar didapatkan kesimpulan. Secara keseluruhan ditemukan 20 miskonsepsi Pada Buku X ditemukan sebanyak 6 miskonsepsi, yakni Misidentifications (MI) 33,3%, Overgeneralizations (OG) 0%, Oversimplifications (OS) 50%, dan Undergeneralizations (UG) 14,29%, dan Obsolote Concepts and Terms (OCT) 0%. Pada Buku Y ditemukan sebanyak 14 miskonsepsi, yakni Misidentifications (MI) 14,28%, Overgeneralizations (OG) 14,28%, Oversimplifications (OS) 42,85%, , Undergeneralizations (UG) 21,42% dan Obsolote Concepts and Terms (OCT) 7,14%.