Abstract:
Rafiza Ananda Putri. NIM 1730108049 (2021). Judul Skripsi: “Dampak Learning From Home pada Masa Pandemi terhadap Kedisiplinan Belajar Mahasiswa IAIN Batusangkar di Kelurahan Pasar Baru Kota Padang Panjang”. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran luring yang dialihkan menjadi daring sejak masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak learning from home terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa IAIN Batusangkar yang berada dikelurahan Pasar Baru Kota Padang Panjang dalam masa pandemi. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdapat tujuh orang mahasiswa IAIN Batusangkar bertempat tinggal di Pasar Baru kota Padang Panjang. Teknik analisis data yaituyaitu reduksi data, display data dan kesimpulan dan verifikasi data dalam penelitian ini peneliti melakukannya dengan cara mengumpulkan data, mengumpulkan informasi, membuat kesimpulan dan memverfikasi data. Teknik penjamin keabsahan data terbagi atas tiga yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu dalam hal ini peneliti menggunakan Triangulasi sumber, yang menjadi fokus penelitian ini adalah melihat dampak positif dan negatif dari proses pembelajaran dari rumah secara daring. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar mahasiswa selama learning from home adanya 2 dampak yang terjadi yaitu dampak positif hal ini ditandai denganmeningkatnya kemandirian mahasiswa dalam mencari pembahasan materi pembelajaran sesuai dengan referensi yang akurat dan tepat, dosen lebih mengajarkan mahasiswa disiplin waktu saat masuk kelas dan mengumpulkan tugas dalam mengikuti perkuliahan, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas yang diberikan sesuai waktu yang telah disepakati antara dosen dan mahasiswa. Sedangkan dampak negatif kedisiplinan belajar mahasiswa menjadi menurun hal ini ditandai dengan kurangnya kedisiplinan belajar seperti terlambat saat perkuliahan dimulai, kurang aktif dalam berdiskusi, menunda-nunda dan terlambat mengumpulkan dan mengerjakan tugas. sehingga kontrak perkulihan yang telah disepakati bersama menjadi kurang terpenuhi dengan baik.