Abstract:
ABSTRAK RAHMAT HIDAYAT, NIM: 1630108058, JUDUL: “PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA NEGERI 2 BATUSANGKAR ” Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar tahun 2021. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan layanan peminatan pada masa pandemi covid 19 di kelas X SMA Negeri Batusangkar, yaitu bagaimana pelaksanaan layanan peminatan yang dilakukan oleh guru BK terhadap siswa pada masa covid 19, yang dilihat dari aspek persiapan pelaksanaan dan pelaksanaan layanan peminatan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan peminatan pada masa covid 19, yang dilakukan oleh guru BK di SMA Negeri Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model Miles dan Huberman dan keabsahan data yaitu dengan cara triangulasi. Hasil penelitian mendefinisikan bahwa pelaksanaan layanan peminatan pada masa pandemi covid 19 di SMA Negeri Batusangkar terdapat 1) Perencanaan layanan peminatan pada aspek ini menjelaskan bagaimana rencana rencana yang dilakukan guru BK dalam melaksanakan layanan peminatan pada masa covid 19.Proses layanan peminatan, pada aspek ini terdapat strategi pemberian layanan, waktu pelaksanaan dan materi layanan yang diberikan selama masa covid 19. Kendala pelaksanaan layanan peminatan pada masa pandemi covid 19. 4) Evaluasi layanan peminatan Kata kunci : Pelaksanaan, Layanan Peminatan, Masa Pandemi Covid 1