Publikasi IAIN Batusangkar

PEMANFAATAN HP ANDROID UNTUK BELAJAR SAAT SITUASI NEW NORMAL OLEH SISWA SEKOLAH MENENGAH DI JORONG KOTO-KOTO BARU

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author KASIH NABILA
dc.date.accessioned 2021-11-02T07:48:59Z
dc.date.available 2021-11-02T07:48:59Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-08-25
dc.identifier.isbn NIM:1730108028
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100477
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/CRgIEKXvC8ioMEMkeYPrcxTMZwJz04L.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK KASIH NABILA, NIM. 1730108028, JUDUL SKRIPSI “PEMANFAATAN HP ANDROID SAAT SITUASI NEW NORMAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH YANG TINGGAL DI JORONG KOTO-KOTO BARU”, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2021. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah pemanfaatan hp android saat situasi new normal oleh siswa sekolah menengah yang tinggal di jorong Koto-Koto Baru. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui bagaimana siswa memanfaatkan hp android untuk belajar, bermain game, mencari informasi, dan sosial media saat situasi new normal ini. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan, mendapatkan, serta mendeskripsikan data dengan jelas dan sesuai dengan kondisi di lapangan secara utuh. Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Sumber data ada dua, yang pertama sumber data pokok/primer yaitu pada siswa sekolah menengah dan sumber data pendukung/sekunder yaitu pada pihak keluarga dari siswa sekolah menegah. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling snowball. Teknik analisis data ini adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verivikasi data. Teknik penjamin keabsahan data ini yaitu trianggulasi sumber. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa sekolah menengah menengah yang tinggal di jorong Koto-Koto Baru memanfaatkan jenis aplikasi Whatsapp group, Google Clasroom, dan aplikasi Zoom Meeting untuk belajar daring, dalam sehari siswa memanfaatkan hp android 5 jam/hari untuk belajar daring dan di sore atau malam hari sekitar 2 jam/hari, siswa tidak merasakan manfaat dari belajar daring karena terkendala saat belajar daring berlangsung pelajaran yang diterima susah uuntuk dipahami dan dimengerti oleh siswa serta jaringan internet yang bermasalah. 2) 4 orang siswa dari 10 orang orang siswa menengah yang penulis temukan memanfaatkan hp android untuk bermain game selama 5 jam/hari, jenis aplikasi yang dipakai yaitu free fire, mobile lagend dengan higgs domino. Siswa mengggunakan setelah belajar daring disaat sore hari dan malam hari. 3) Siswa sekolah menengah memanfaatkan aplikasi google crome, youtube, sosmed, branly, feedly,dan playstore untuk mencari informasi mengenai tugas sekolahnya, keadaan lingkungan sosialnya, serta untuk melanjutkan pendidikan. Siswa memakai 2 jam/hari memanfaatkan hp android untuk mencari informasi, siswa menggunakannya saat mengerjakan tugas-tugas sekolahnya disiang hari atau di malam hari. 4) Siswa sekolah menengah memanfaatkan aplikasi Whatsapp, Facebook, Instagram, Tiktok. Masing-masing sosial media digunakan untuk melihat informasi, sarana hiburan, membuat status/story, melihat status teman-teman. Siswa memanfaatkan hp android untuk sosial media 8 jam/hari, siswa membuka sosial media di waktu pagi, siang, sore, dan malam hari.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Android (Electronic resource)
dc.subject.ddc 005.43
dc.subject.ddc 005.43
dc.title PEMANFAATAN HP ANDROID UNTUK BELAJAR SAAT SITUASI NEW NORMAL OLEH SISWA SEKOLAH MENENGAH DI JORONG KOTO-KOTO BARU
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku