Abstract:
ABSTRAK Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) kurangnya minat, motivasi dan fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran biologi, 2) kurangnya variasi media yang digunakan dan masih bersifat konvensional, dalam pembelajaran guru cenderung menggunakan buku paket, papan tulis, dan sesekali powerpoint, 3) banyaknya siswa mpengunaan smartphone berbasis android untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru, 4) kurang memahaminya siswa tentang pembelajaran biologi pada materi invertebrata, maka peneliti mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis android pada materi invertebrata laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas aplikasi pembelajaran berbasis android pada materi invertebrata laut di MAN 01 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development), model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, and disseminate. Pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, dan angket respon melalui lembar validasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi produk yang diberikan kepada tiga orang validator ahli. Lembar validasi dianalisis dengan menggunakan rumus persentase validasi, sedangkan hasil wawancara dianalisis menggunakan dengan teknik deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis android pada materi invertebrata laut bersifat sangat valid dengan persentase 89,17 % melalui uji validitas.