Abstract:
Della Rahma Dani, NIM 1730108011, Judul Skripsi: Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Batu Bulat Tanah Datar, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatan rendahnya Disiplin belajar siswa melalui Konseling Kelompok di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Batu Bulat Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan keberhasilan konseling kelompok sebagai salah satu layanan bimbingan dan konseling yang diharapkan efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa yang rendah. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Batu Bulat Tanah Datar sebanyak 75 orang dan sampel sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu skala disiplin belajar berbentuk likert. Berdasarkan hasil penelitaian yang dilakasanakan diperoleh bahwa layanan konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa. Ini dibuktikan dengan diperoleh t_0 (10,68) > tt (2,262) pada db = 9 taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, maka hipotesis alternatif (H_a) diterima dan (Ho) ditolak pada taraf signifikan 5% dengan db atau df= 9. Ini berarti bahwa konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Batu Bulat Tanah Datar.