Abstract:
ABSTRAK FITRI YENTI, NIM: 14 202 050, skripsi berjudul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan jumlah nasabah Pembiayaan Murabahah pada PT. BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang”. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam skripsi ini adalah adanya fluktuasi jumlah nasabah dari tahun 2015 sampai tahun 2019, oleh karena itu perlu di teliti tentang strategi pemasaran yang digunakan PT. BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan PT. BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah dan kendala apa saja yang dihadapi oleh BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang dalam melakukan kegiatan pemasaran. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data penulis mengunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada PT. BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang bahwa strategi pemasaran yang dilakukan dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah adalah mengunakan bauran pemasaran yang difokuskan pada strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi tempat. Adapun kendala yang dihadapi PT. BPRS Carana Kiat Andalas Cabang Padang Panjang dalam mengoperasionalkan kegiatan pemasaran mengalami beberapa kendala kendala, yaitu adanya kendala internal dan ada juga kendala eksternal.