Abstract:
Ulfa Mulyani, NIM, 1730103079, judul skripsi: Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Tarab mengalami kesulitan belajar sehingga diperlukannya pelaksanaan bimbingan belajar untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode kualittaif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dengan data sekundernya peserta didik itu sendiri. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dapat dilaksanakan dalam bentuk layanan bimbingan dan konseling seperti bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling individual. Terdapat dua faktor yang menjadi penyebab peserta didik mengalami kesulitan belajar, yaitu faktor internal kurangnya motivasi dalam diri peserta didik dan faktor eksternal lingkungan yang menjadi faktor penyebab kesulitan belajar.