Abstract:
FITRI HAYATI, NIM 17 301 080 20, judul skripsi: PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN MUHASABAH TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DI SMP NEGERI 7 PAYAKUMBUH. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah rendahnya konsep diri siswa di SMP Negeri 7 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok pendekatan muhasabah terhadap konsep diri siswa di SMP Negeri 7 Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu time series design, yang mana pelaksanaan pre-test dan post-test dilakukan masing-masing 3 kali pertemuan untuk melihat kondisi konsep diri siswa apakah stabil dan konsisten atau tidak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non-tes dengan menggunakan skala konsep diri. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 100 orang siswa dan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII.1 sebanyak 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal konsep diri siswa berada pada kategori rendah atau tergolong jenis konsep diri negatif, karna berdasarkan hasil angket penelitian diketahui terdapat 7 orang siswa yang memiliki konsep diri pada kategori rendah, 15 orang pada kategori sedang dan 10 orang pada kategori tinggi. Dari ketiga kategori tersebut, peneliti mengambil sampel sebanyak 15 orang yang terdiri dari 7 orang konsep diri rendah, 5 orang konsep diri sedang dan 3 orang konsep diri tinggi. Hal ini dilakukan agar terciptanya dinamika kelompok sehingga tujuan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dapat tercapai yaitu untuk meningkatkan konsep diri siswa. Dengan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan konsep diri yang semula berada pada kategori rendah (negatif) menjadi siswa yang memiliki konsep diri pada kategorisedang dan tinggi (positif). Sehingga berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwa bimbingan kelompok pendekatan muhasabah berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan konsep diri siswa di SMP Negeri 7 Payakumbuh.