Abstract:
ABSTRAK NAILUL HUSNI, NIM 1730103048, Judul Skripsi “STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIDK”, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, tahun 2021. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah melihat bagaimana strategi pemasaran pendidikan program tahfiz yang dilakukan di SMAN 1 Padang panjang dalam menarik minat peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran, implementasi, dan bagaimana hasil yang dicapai dalam memasarkan program tahfiz di SMAN 1 Padang Panjang. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan 1) Strategi pemasaran pendidikan program tahfiz di SMAN 1 Padang Panjang dalam menarik minat peserta didik? 2) Implementasi strategi pemasaran pendidikan program tahfiz dalam menarik minat peserta didik di SMAN 1 Padang panjang?. 3) Hasil yang dicapai dalam strategi pemasaran pendidikan program tahfiz di SMAN 1 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan mengambil lokasi di SMAN 1 Padang Panjang. Alat bantu yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah berupa handphone, buku catatan, pena. Handphone digunakan sebagai alat perekam suara dari informan. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi peneliti dengan Pembina asrama, waka kurikulum dan KGG guru PAI yang ada di SMAN 1 Padang panjang. Untuk melihat keabsahan datanya, peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pendidikan program tahfiz bagus karena sekolah memiliki strategi dalam memasarkan program tahfidz, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya minat peserta didik di SMAN 1 Padang panjang. Dapat diketahui bahwa strategi sekolah yaitu strategi memasarkan, Target sasaran, dan penentu posisi sekolah dalam memasarkan program tahfiz di SMAN 1 Padang panjang adalah pemasaran dengan pemanfaatkan sosial media (instangram dan facebook), melalui brosur, dan website yang dimiliki oleh SMAN 1 Padang Panjang. Pengimplementasian strategi pemasaran di SMAN 1 Padang Panjang yaitu menggunakan bauran pemasaran Produk (tahfizul quran), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Physical evidence (sarana prasarana), Process (proses). Hasil yang dicapai SMAN 1 Padang Panjang sudah terstruktur dengan baik sehingga peminat peserta didik meningkat dari tahun ke tahun.