Abstract:
Monika Ariani, NIM. 1730106027, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBING PROMPTING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII UPT SMPN 3 BATUSANGKAR”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan bahan ajar seperti buku paket dan LKPD masih terbatas, LKPD yang pernah dibuat oleh guru belum sesuai dengan pengertian LKPD sesungguhnya, LKPD yang ada tidak memiliki materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas, hanya berisi kumpulan soal yang kemudian dijadikan sebagai PR. Kegiatan pembelajaran tidak terlalu mempunyai media yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting yang valid dan praktis pada pembelajaran IPA kelas VIII UPT SMPN 3 Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Reseach And Development). Model penelitian pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar uji validasi dan lembar uji praktikalitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru mata pelajaran IPA dan 27 orang peserta didik kelas VIII.4. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting pada materi sistem ekskresi pada manusia. Lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting dinilai oleh 3 validator, diantaranya ahli pembelajaran, ahli bahasa, serta ahli materi. Lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting dikategorikan valid dengan persentase 79,01% dan dinilai sangat praktis oleh peserta didik serta guru dengan persentase 86,60 % dan 86,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis probing prompting dinyatakan valid dan sangat praktis serta layak untuk digunakan dalam pembelajaran.