Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS DAN MATHEMATIC) DILENGKAPI MULTIMEDIA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI MIPA SMA N 1 RAMBATAN.

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author ELA MELISA SAPUTRI
dc.date.accessioned 2021-11-02T07:50:47Z
dc.date.available 2021-11-02T07:50:47Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2021-08-24
dc.identifier.isbn NIM:1730106013
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22100525
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/zzszAUlIUGtvDvMpEB5xpgrC56QIQvx.pdf
dc.description.abstract ABSTRAK Ela Melisa Saputri. NIM 1730106013. Judul Skripsi: “Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic) Dilengkapi Multimedia Pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI MIPA SMA N 1 Rambatan”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2021. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandemi covid-19 dan metode pembelajaran secara online, bahan ajar yang digunakan cendrung monoton, pembelajaran biologi pada materi sistem koordinasi dianggap sebagai materi yang sulit untuk difahami, dan peserta didik belum mandiri dalam belajar. Berdasarkan latar belakang di atas penulis melakukan suatu penelitian untuk mencari penyelesaian masalah tersebut, yaitu dengan melakukan pengembangan E-Modul berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic) dilengkapi multimedia pada materi sistem koordinasi kelas XI MIPA SMA N 1 Rambatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahap pengembangan menggunakan model 4-D memiliki empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada model ini penulisan dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa E-Modul berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic) dilengkapi multimedia pada meteri sistem koordinasi. Hasil validasi E-modul diperoleh nilai rata-rata 83,85% dikategorikan sangat valid dari aspek syarat didaktik, syarat kontruksi, syarat teknis, dan syarat kebahasaan. Hasil praktikalitas E-modul oleh guru biologi kelas XI MIPA SMA N 1 Rambatan diperoleh nilai rata-rata 88,23% dengan kategori sangat praktis. Hasil praktikalitas E-modul oleh peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Rambatan diperoleh nilai rata-rata 80,28% dengan kategori praktis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Metode Belajar
dc.subject.ddc 370.7
dc.subject.ddc 370.7
dc.title PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS DAN MATHEMATIC) DILENGKAPI MULTIMEDIA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI MIPA SMA N 1 RAMBATAN.
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku